image_pdf

Malang. Hubungan Internasional (HI) Universitas Negeri Malang (UM) adakan orientasi atau pengenalan kehidupan kampus bagi mahasiswa internasional yang mengikuti program KNB (Kemitraan Negara Berkembang) dan ISS (Beasiswa Mahasiswa Internasional UM) pada Selasa (01/03) secara luring dengan menerapkan protokol covid-19 yang ketat di Aula Graha Rektorat Lantai 9. Acara ini dihadiri oleh Rektor UM, Wakil Rektor I, Wakil Rektor IV, Direktur HI dan Staff, internship OIA (Office of Internasional Affairs), serta 27 mahasiswa internasional yang telah datang di Malang setelah menjalani masa karantina.

Dalam sambutannya, Rektor UM, Prof. Dr. AH. Rofi`uddin, M.Pd., mengucapkan selamat datang kepada seluruh mahasiswa dan meminta mereka untuk memperkenalkan diri satu persatu agar saling mengenal, serta memberikan beberapa arahan terkait kegiatan dan fasilitas yang ada di UM. “Saya ucapkan selamat datang dan selamat bergabung menjadi bagian keluarga besar UM. Meski ini adalah pertemuan pertama kita, saya berharap kalian semua bisa cepat beradaptasi dengan lingkungannya agar proses belajar kalian disini bisa lancar. Silahkan gunakan fasilitas yang ada dengan semaksimal mungkin, kalian juga bisa mulai ikut kegiatan mahasiswa di Unit Kegiatan Mahasiswa agar bisa belajar banyak hal,” ucapnya.

“Terakhir, saya mohon kalian semua mendengarkan dengan baik paparan mengenai standar kehidupan kampus di UM. Pengenalan tentang UM mulai dari prodi, fakultas, fasilitas, lingkungan, higga UM secara keseluruhan. Kita berharap covid-19 segera selesai sehingga kita bisa belajar seperti biasa. Saya berharap semua mahasiswa disini lulus tepat waktu,” imbuh Prof. Rofi`uddin.

Dalam kesempatan yang sama, Direktur HI, Evi Eliyanah, S.S., M.A., Ph.D., menyampaikan laporan mengenai keadaaan para mahasiswa internasional. “Dihadapan kita ini adalah mahasiswa internasional angkatan 2020 dan 2021 yang lolos pada program KNB dan ISS. Secara keseluruhan ada 64 mahasiswa yang lolos, namun yang bisa hadir hari ini hanya 27 orang. Mereka semua ini datang dari seluruh Asia dan beberapa dari Afrika,” ucapnya.

Acara ditutup dengan penyampaian kesan dan pesan dari perwakilan mahasiswa internasional, yang pada kesempatan ini disampaikan oleh mahasiswi yang akrab disapa mbak Intan. “saya senang sekali bisa kembali belajar di UM, karena disini bukan hanya belajar ilmu di dalam kelas tapi saya juga bisa belajar diluar kelas yang tentunya saya mendapat banyak pengalaman. Saya suka belajar budaya, saya jalan jalan untuk mendapatkan ilmu yg lebih banyak mengenai Indonesia,” pungkasnya.

Pewarta : Luthfi Maulida Rochmah – Internship Humas UM.