image_pdf

Malang. Jurusan Sastra Arab (JSA) Fakultas Sastra (FS) Universitas Negeri Malang (UM) sukses menggelar Seminar Nasional Bahasa Arab (Semnasbama) ke V secara online melalui platform Zoom pada Sabtu (17/06). Meski begitu antusias dari para peserta sangat tinggi karena acara ini dihadiri oleh lebih dari 600 peserta yang berasal dari 32 negara. Adapun negara peserta tersebut adalah Indonesia, Suriah, Mesir, Sudan, Amerika, Srilanka, Iraq, Nigeria, Yordania, Maroko, India, Aljazair, Lebanon, Pakistan, Bangladesh, Senegal, Yaman, Libya, Iran, Mauritius, Saudi, Myanmar, Palestina, Algeria, Chad, Etiopia, Malaysia, Australia, Spanyol, Turki, Kamerun dan Somalia.

 Pemateri dalam acara ini adalah Dr. Kholisin, M.Hum dari Universitas Negeri Malang, Indonesia, Dr. Abu Saleh Anis Luqman dari UEA dan Dr. Musthafa Farouq Abdul Alim Mahmud dari Universitas Al Azhar, Mesir. Rangkaian acara Semnasbama V adalah lomba penulisan karya ilmiah dan video presentasi bagi mahasiswa baik jenjang S1 maupun S2 dari luar maupun dalam negeri.

Pelaksanaannya kegiatan dimulai dari tanggal 10 April 2021 dengan pendaftaran peserta, sedangkan pengumpulan abstrak hingga penampilan finalis lomba telah dilaksanakan pada tanggal 15 Juli 2021. Semnasbama merupakan agenda tahunan yang digelar oleh JSA UM dengan tujuan untuk meningkatkan produktivitas mahasiswa JSA UM dalam penulisan karya ilmiah dan bisa diseminarkan pada tingkat internasional sebagai ajang untuk melatih maharah kalam dalam bahasa Arab.

Acara mengangkat tema “Peran Mahasiswa  Bahasa Arab dalam Menghadapi Era Digital” ini dibuka langsung oleh Wakil Dekan III Fakultas Sastra, Prof. Dr. Yusuf Hanafi, S.Ag., M.Fil.I. Pada sambutannya WD III FS menyampaikan bahwa sangat terkesan dengan adanya acara ini karena antusias peserta yang lebih banyak dari prediksi awal panitia. “Sebelum membuka acara ini secara resmi, izinkan saya mengucapkan Ahlan wa sahlan bihudlurikum bi jami`ah malang alhukumiyah. Kami merasa sangat terhormat dengan hadirnya anda semua pada acara ini. Semoga acara ini berjalan dengan lancar hingga akhir,” ucapnya.

Selain itu Ketua Jurusan Sastra Arab, Dr. Hanik Mahliatussikah, S.Ag., M.Hum., dalam sambutannya menyampaikan bahwa mahasiswa sebagai generasi milenial dan penerus bangsa harus terus meningkatkan kemampuan, ketrampilan serta pengetahuan. Melalui Semnasbama V beliau berharap mahasiswa bisa mendapatkannya. “Kalian semua adalah generasi milenial yang akan menjadi penerus bagi bangsa ini yang akan menggenggam dunia jika memiliki banyak pengetahuan, maka dari itu kalian harus bersungguh-sungguh. Kami ucapan terimakasih kepada semua pemateri yang telah hadir di acara Semnasbama V pada siang hari ini.Semoga apa yang kita laksanakan pada siang hari ini menjadi amal baik dan menambah ilmu kita semua,” pungkasnya.

Pewarta : Luthfi Maulida Rochmah – Internship Humas UM