image_pdf

Malang, Himpunan Mahasiswa Jurusan Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Malang (UM) telah sukses menyelenggarakan salah satu program kerjanya, yaitu Kuliah Tamu. Kuliah Tamu adalah kegiatan yang bertujuan untuk memberikan wawasan kepada mahasiswa TEP baik dalam dunia akademik maupun non-akademik. Kuliah tamu kali ini mengangkat tema “Membangun Karier Ideal di Teknologi Pendidikan”

Kuliah tamu ini diselenggarakan pada tanggal 13 – 14 Oktober 2021 yang diselenggarakan dengan sistem daring. Kuliah tamu kali ini sangat spesial karena dihadiri oleh dua organisasi yang mengayomi program studi Teknologi Pendidikan dan Profesi seorang PTP. Kedua organisasi ini bernama Asosiasi Program Studi Teknologi Pendidikan Indonesia (APS-TPI) dan Asosiasi Pengembang Teknologi Pendidikan (APTPI).

Tidak hanya kedua organisasi tersebut, pada hari kedua, Basith Rahmatullah turut hadir sebagai pemateri dalam kuliah tamu 2021. Basith Rahmatullah adalah alumni S1 Teknologi Pendidikan dan S2 Teknologi Pembelajaran UM. Saat ini, Basith Rahmatullah menjabati posisi sebagai CEO Platopia Kreatif Dewantara.

Topik pembahasan kuliah tamu pun beragam. Tidak hanya membahas tentang sertifikasi seorang teknologi pendidikan, namun dibahas pula hal – hal yang berkaitan dengan tugas seorang PTP, Jabatan fungsional PTP, dan pengalaman menjadi seorang PTP di lapangan dan kebijakan struktural PNS untuk seorang PTP, hingga jenjang karier seorang lulusan teknologi Pendidikan.

Para peserta kuliah tamu 2021 juga menunjukkan antusiasme yang tinggi. Hal tersebut ditunjukkan dengan pertanyaan peserta terkait jenjang karier seorang PTP, macam – macam kredensial mikro yang dapat diambil oleh PTP, Alternatif jurusan untuk menjadi seorang PTP serta tantangan kerja seorang PTP yang sangat dinamis.

Ketua Jurusan Teknologi Pendidikan, Dr. Henry Praherdhiono sangat mengapresiasi kegiatan Kuliah Tamu ini. Melalui pesan singkat yang dikirimkan oleh beliau melalui WhatsApp, Dr. Hendry Praherdhiono (Ketua Jurusan) mengatakan “HMJ TEP telah mencetak sebuah sejarah baru karena berhasil mengundang tokoh penting di kuliah tamu dan semoga HMJ TEP ke depan dapat membuka cakrawala bagi mahasiswa – mahasiswa baru tentang profesi TEP.

Pewarta:
Rengga Prakoso Nugroho – Mahasiswa Jurusan Teknologi Pendidikan UM