image_pdf

Malang. Fakultas Pendidikan Psikologi (FPPsi) Universitas Negeri Malang (UM) menyelenggarakan International Conference of Psychology 2019 pada Sabtu (07/09) dengan tema “Meaningful Life in Society 5.0 Based on Psychological Perspective”. Kegiatan yang bertempat di Hotel Santika Premiere tersebut mendatangkan 4 pembicara dari dalam maupun luar negeri diantaranya adalah Prof. Dr. Uichol Kim dari Inha University Korea Selatan, Asst. Prof. Apitchaya Chaiwutikornwanich, Ph.D dari Chulalongkom University Thailand, Prof. Dr. Jas Laile Suzana Binti Jaafar dari Malaya University Malaysia dan Prof. Dr. Fattah Hanurawan, M.Si., M.Ed. dari Universitas Negeri Malang, Indonesia.

Prof. Dr. Budi Eko Soecipto, M.Ed., M.Si., selaku Wakil Rektor I UM membuka secara resmi kegiatan seminar internasional tersebut. Ia berharap kegiatan ini dapat memberikan kontribusi yang besar untuk pengembangan ilmu bidang Psikologi. “Psikologi merupakan hal yang dibutuhkan di masyarakat kita, apalagi era saat ini adalah era masyarakat 5.0. Sehingga diharapkan international conference ini dapat memberikan kontribusi yang besar bagi pengembangan ilmu di bidang psikologi dan dapat bermanfaat bagi masyarakat,” ujarnya.

Peserta Seminar Internasional

Dr. Nur Eva, M.Psi, sebagai ketua panitia menyebutkan beberapa topik yang diharapkan dapat membantu manusia dalam mencapai kehidupan yang lebih bermakna di era masyarakat 5.0. Ia menjelaskan mengenai psikologi klinis, psikologi pendidikan dan psikologi sosial. Psikologi Klinis memberikan wawasan dalam kaitannya dengan solusi untuk dampak negatif teknologi. Psikologi Pendidikan dapat memberikan penjelasan tentang proses pembelajaran itu memprioritaskan aspek kemanusiaan. Sedangkan Psikologi Sosial membahas peran sosial manusiaa.

Terdapat 10 topik artikel ilmiah yang akan dipresentasikan dalam seminar internasional ini, diantaranya adalah Mental Health, Neuroscience, Leadership, Teamwork, Cultural Agility, Social Enterpreneurship, Critical Thinking, Communication, E-Learning, dan Disabilities. Artikel ilmiah yang terseleksi akan dipublikasikan di Advances in Social Science, Education and Humanties Research (ASSEHR). Sedangkan artikel lainnya akan dipublikasikan di ISBN dari DOAJ.

Pewarta           : Ulya Aziza Fitriya – Internship Humas UM