image_pdf
Sambutan Dekan FIP

Malang. Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Universitas Negeri Malang (UM) menyelenggarakan International Conference on Science and Technology in Education (ICoSTED) pada Sabtu (16/11) di aula gedung E1 FIP UM. Empat pembicara yang diundang berasal dari berbagai negara diantaranya adalah Juraidah Hj. Musa, Ph.D dari Universiti Brunei Darusaalam, Prof. Dr. Mariani Binti MD Nor dari University of Malaya Malaysia, Prof. Drs. Ahmad Suriansyah, M.Pd., Ph.D., dari Universitas Lambung Mangkurat, dan Anabelle Villa-Valdes, Ph.D., dari Mindana State University Phillipines.

Tema yang diangkat dalam pelaksanaan kegiatan ini adalah Education for the next Generation. Dekan Fakultas Ilmu Pendidikan UM, Prof. Dr. Bambang Budi Wiyono, M.Pd., menjelaskan bahwa tantangan pendidikan di generasi saat ini begitu besar. Sebagai pendidik, sudah sepatutnya untuk menciptakan inovasi-inovasi terbaru dalam pembelajaran dan pendidikan yang disesuaikam dengan kebutuhan generasi zaman sekarang atau biasa disebut zaman revolusi industri 4.0.

Anabelle Villa-Valdes, Ph.D., dari Mindana State University Phillipines

“Kebutuhan manusia dengan teknologi tidak bisa serta merta dipisahkan begitu saja, karena memang di zaman revolusi industri 4.0 ini, kehidupan terisi dengan kemajuan teknologi dan internet. Jika dipisahkan malah tidak seimbang nantinya dan tidak sesuai jika diterapkan di generasi millenial ini. Para pendidik harus mampu meningkatkan kualitas diri, mempertahankan substansi, mengadopsi dan mencari inovasi sehingga bisa berjalan beriringan dengan perkembangan zaman,” jelas Prof. Bambang.

Para peserta

International conference ini tidak hanya diikuti oleh peneliti, tetapi juga guru, kepala sekolah, dosen, dan mahasiswa calon pendidik. Semua memiliki kesempatan yang sama dalam mempresentasikan hasil penelitiannya. Dengan diselenggarakannya kegiatan ini, diharapkan dapat memberikan wadah bagi para peserta maupun presenter untuk saling berbagi pengetahuan, pengalaman dan inovasi terbarunya. Sehingga, kualitas masing-masing dapat ditingkatkan. Jika kualitas sumber daya manusia pendidik saja tinggi, maka akan membantu peningkatan kualitas pendidikan di Indonesia untuk Indonesia yang lebih maju.

Pewarta           : Ulya Aziza Fitriya – Internship Humas UM

Pewarta Foto   : Riska Febrianti – Internship Humas UM