image_pdf
Salah satu stand IKA UM Fair

Malang. Kesuksesan alumni sejatinya merupakan kesuksesan sebuah universitas. Ikatan Keluarga Alumni (IKA) Universitas Negeri Malang (UM) yang menjadi wadah alumni UM, menjalin pertemuan dalam acara IKA UM Fair 2019 yang dilaksanakan di Graha Rektorat lt.1 (13/9). IKA UM secara resmi dibentuk pada 22 Januari 1983 sebagai wadah kerjasama, forum konsultasi dan sarana komunikasi alumni. Wadah alumni tersebut diharapkan dapat berperan aktif dalam mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni.

Ketua IKA UM, Prof. Dr. Moh. Ainin , M.Pd. menyampaikan bahwa alumni yang hadir mayoritas sudah tua, “Sebanyak 21 peserta alumni ikut hadir menyukseskan acara IKA UM Fair mulai dari angkatan 80, 90 dan 2000-an. IKA UM Fair merupakan saksi kontribusi alumni yang menampilkan produk-produk unggulan karya alumni UM sekaligus sebagai ajang silaturahmi dan memotivasi mahasiswa UM untuk terus berkreasi,” tuturnya.

Jejaring alumni merupakan keluarga besar yang mendukung perkembangan sebuah universitas yang menjadi ujung tombak promosi, potensi finansial dan moral juga penyedia lapangan pekerjaan bagi sesama alumni.

Wakil Rektor I, Prof. Dr. Budi Eko Soetjipto, M.Ed. , M.Si. memberi sambutan

Wakil Rektor I, Prof. Dr. Budi Eko Soetjipto, M.Ed. , M.Si. dalam sambutannya menyampaikan bahwa nantinya akan ada aplikasi alumni UM, “Aplikasi alumni UM nantinya akan memiliki fitur-fitur lowongan pekerjaan, galeri yang memuat foto-foto sejarah UM atau  memories perkembangan UM, PPT presentation dan sebagainya.” jelasnya.

Usai acara dibuka oleh WR I, dilanjutkan dengan demo eco print dan acrylic painting oleh alumni UM. Hedy Yvonne selaku pemilik eco print menunjukkan hasil karyanya berupa kain dengan motif dan corak unik yang bernuansa tenang tapi tetap eksotis. Hasil karya yang menggunakan bahan alam ini diperagakan oleh sesama alumni UM. Dilanjutkan oleh Nunuk Bagiastuti yang menampilkan kebolehannya melukis acrylic di kaos dan hijab. Nunuk mempunyai keahlian yaitu bisa menggunakan tangan kanan dan kiri secara bersamaan saat melukis.

Produk yang ditampikan di IKA UM Fair sangat beragam mulai dari kategori pangan, energi, pendidikan dan sandang. Mereka mengenalkan produk unggulan seperti kain selendang, batik, makanan minuman, souvenir, baju, dan pernak pernik laimya yang sudah dikemas rapi di stand masing-masing.

Pewarta           : Riska Febrianti – Internship Humas UM

Pewarta Foto   : Abdul Fattah – Internship Humas UM