image_pdf

Ikatan Alumni (IKA) Universitas Negeri Malang (UM) menyelenggarakan sebuah agenda untuk para mahasiswa maupun alumni UM guna mempersiapkan karir di masa depan. Seperti kini IKA menggelar webinar yang dilaksanakan pada Sabtu (04/06/2022) secara daring melalui Zoom Meeting, yang mengangkat tema “Fast Track Career in Multinational Companies” dengan menghadirkan tiga alumni UM yang telah sukses bekerja di perusahaan multinasional sebagai narasumber. Tujuan dari webinar kali ini yaitu untuk memberikan wawasan kepada seluruh calon maupun alumni yang saat ini meniti karir di perusahaan multinasional.

Webinar ini juga diharapkan dapat membantu mahasiswa maupun alumni UM dalam menemukan atau mengenali peluang berkarir di perusahaan multinasional terutama pada masa pandemi ini. Selain itu juga agar para peserta dapat membangun strategi yang efektif dalam membangun dan mengembangkan karirnya di perusahaan multinasional dengan baik. Karena itulah IKA UM menghadirkan tiga narasumber yang sukses menghadapi tantangan berkarir di perusahaan multinasional. Ketiga narasumber tersebut, yakni Feri Kurniawan, S.Pd., selaku Manufacturing Excellence Deployment di Philip Morris International, Tino Salim, S.S., M.M.. selaku Direktur Lembaga Pelatihan di Salim Excellence Center, serta Satriyo Panuju, S.Pd., selaku Supervisor Personnel and General Affair di PT. Monier.

Kegiatan webinar diawali dengan sambutan dari Sekjen IKA UM, Dra. Fatmawati. Beliau menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada para narasumber yang bersedia berbagi ilmu di webinar ini, dan juga kepada para peserta webinar. “Pertama-tama kita panjatkan puji syukur ke Tuhan Yang Maha Esa sehingga kita dapat hadir secara virtual di sini dalam rangka upskilling, dengan mengikuti webinar dan virtual hiring yang diselenggarakan oleh IKA UM dengan tema “Fast Track Career in Multinational Companies”. Saya rasa semua orang pasti mendambakan untuk bekerja di perusahaan multinasional yang mempunyai kantor cabag di mana-mana, termasuk di luar negeri, yang pasti memiliki banyak keuntungan baik dalam jenjang karir, gaji, serta menaikkan kebanggaan pegawainya. Namun di balik itu semua pasti para pegawai yang direkrut tidak sembarangan. Perusahaan akan merekrut pegawai yang memiliki kemampuan tinggi serta berpotensi besar dalam mensukseskan perusahaan,” ungkap Dra. Fatmawati.

“Alhasil tahapan seleksi yang ketat pun diadakan untuk menyaring kandidat-kandidat terbaik yang berpotensi besar mensukseskan perusahaan. Itulah sebabnya membangun dan mengembangkan kemampuan diri sangatlah penting. Oleh karenanya,  agar kita bisa selangkah lebih maju dengan para kompetitor, melalui webinar dan virtual hiring ini akan dibahas lebih dalam oleh para narasumber, beragam tips bekerja di perusahaan multinasional. Setelah mengikuti webinar ini kami berharap terbangunnya kesiapan diri untuk memasuki perusahaan multinasional. Kami juga menyampaikan terima kasih dan apresiasi yang tinggi kepada para narasumber yang telah bersedia berbagi ilmu dan pengalaman pada siang hari ini. Semoga dapat menginspirasi dan menambah energi positif, wawasan, dan pengetahuan kepada para peserta webinar. Saya ucapkan selamat mengikuti webinar. Sekian dan terima kasih,” sambung Sekjen IKA UM.

Setelah diisi oleh sambutan, agenda selanjutnya adalah penyampaian materi dari ketiga narasumber yang dilanjutkan dengan sesi tanya jawab oleh peserta melalui fitur kolom chat. Dilihat dari ramainya pertanyaan yang dilemparkan oleh para peserta, hal ini menunjukkan antusiasme yang tinggi dari mereka. Apalagi di akhir sesi terdapat quick info tentang beberapa lowongan pekerjaan yang sedang dibuka, semakin meningkatkan antusias dari peserta. Terakhir acara ditutup dengan penyerahan sertifikat sebagai bentuk apresiasi setinggi-tingginya terhadap ketiga narasumber yang telah mengisi acara.

Pewarta: Malichatus Sa’diyah (Internship Humas UM)