image_pdf

Malang. Kesadaran akan pentingnya pertumbuhan hijau dan berkelanjutan untuk menciptakan masyarakat yang sejahtera membuat acara pada pagi hari dapat terlaksana dengan mengangkat tema Green Products and Services for National Ekonomic Competitiveness. (27/6) Acara IGGSE 2019 ini dibuka secara resmi oleh Ibu Laksmi Dewanti selaku staf ahli Kementrian Lingkungan Hidup. Malang dipilih sebagai kota pertama pelaksanaan acara ini tepatnya di Graha Cakrawala UM.

Turut hadir Walikota Malang Bapak Sutiaji serta Bapak Prof. Dr. Ibrahim Bafadal, M.Pd selaku WR4 UM, lembaga swadaya masyarakat serta kelompok masyarakat dari unsur UMKM. Pembukaan Acara IGGSE 2019 berlangsung sangat meriah dengan adanya persembahan tari dari d’Coastal. IGGSE 2019 mengadakan forum diskusi, talkshow, stand produk serta seminar yang dapat menambah informasi tentang pertumbuhan hijau dan berkelanjutan sehingga kita dapat sadar akan lingkungan.

Green growth merupakan salah satu strategi pembangunan ekonomi yang akan membawa kita kepada pelaksanaan pembangunan tanpa menambah beban atau memperburuk lingkungan hidup. Ekosistem dan lingkungan pasti mempunyai batas dan batas inilah yang harus kita kenali agar kita dapat tumbuh tanpa membebani dan menambah kerusakan serta pencemaran” ujar Laksmi.

Menambahkan lagi Ibu Laksmi juga mengatakan bahwa memanfaatkan sumber daya kehidupan perlu tetapi kita harus tetap menjaganya dari kerusakan dan kepunahan adalah prinsip dasar tradisional kearifan lokal bangsa Indonesia yang telah menjadi tradisi bangsa Indonesia.

Yuliana ratnasari selaku undangan berpendapat bahwa acara ini bagus serta dapat membangun kecintaan terhadap lingkungan. Diharapkan kedepannya tidak hanya Talk Show tetapi juga perwujudannya yang nyata sehingga kita sebagai mahasiswa dapat hadir untuk masyarakat. Produk-produk pada acara ini juga sangat menginspirasi saya untuk membuat kreasi yang ramah lingkungan

Pewarta           : Adinda N.M- Internship Humas UM

Pewarta Foto   : Salsabila Esya K – Internship Humas UM