image_pdf
4 keynote speakers berfoto bersama

Malang.  The Treasure of the English Classrooms: Exploring, Reflecting, and Sharing adalah tema yang diangkat dalam The International English Language Teachers and Lectures (iNELTAL) Conference yang diselenggarakan pada Sabtu-Minggu (12-13/10). Sebagai penyelenggara, Jurusan Sastra Inggris, Fakultas Sastra (FS) Universitas Negeri Malang (UM) mengundang 4 keynote speakers dari dalam maupun luar negeri diantaranya adalah Dr. Eun Sung Park (Sogang University, South Korea), Dr. Jonathan Newton (Victoria University of Wellington, New Zealand), Dr. Faizah Abd. Majid (Universiti Teknologi MARA, Malaysia), dan Prof. Adnan Latief (Universitas Negeri Malang, Indonesia).

Pembukaan yang disusul dengan Plenary Sessions digelar di Aula AVA pada hari pertama. Dr. Suharyadi, S.Pd., M.Pd., selaku Ketua Jurusan Sastra Inggris menyambut dengan hangat seluruh pihak yang berpartisipasi khususnya para narasumber. Ia berharap seminar internasional ini dapat menjadi forum akademik yang dapat mewadahi presenter maupun partisipan dalam meningkatkan kualitas diri dan saling membagikan pengetahuan, kemampuan, penemuan baru, pemikiran, dan pengalaman terbaik yang berhubungan dengan tema kegiatan ini.

Dr. Eun Sung Park (Sogang University, South Korea) menyampaikan materinya

“Konferensi ini membahas mengenai issu dalam pembelajaran yang melibatkan siswa diantaranya adalah cooperative learning, project-based learning, task-based learninng, intercurtural approaches to learning, dan lainnya. Selain itu, kita juga akan mendiskusikan mengenai pandangan dan perspektif pentingnya pemberdayaan guru seperti managemen strategi di kelas, membangun pemikiran kritis siswa, komunitas pembelajaran bagi guru dan yang lain sebagainya,” ujarnya.

Dr. Eun Sung Park dalam presentasinya mengangkat penelitiannya yang berjudul SLA-Informed Classroom Practices: Learner-Centered Instruction Revisited. Sedangkan Dr. Jonathan Newton membahas mengenai 6 langkah untuk meningkatkan kreatifitas dan pembelajaran yang mendalam di kelas EFL. Dr. Faizah Abd. Majid mengangkat artikelnya yang berjudul The Scholarships of Teaching and Learning (SOTL): ESl Instructors as the Catalyst for the 21st Century Human Talent Development. Kemudian Prof. Adnan Latief menjelaskan mengenai Teaching, Assessing, Researching, Evaluating ELT Activities.

Peserta seminar bersemangat menyimak materi

“Sekitar 72 presenter dalam parallel session akan membagikan penemuan terbaik mereka kepada kita. Kami berharap kegiatan ini dapat memberikan manfaat yang besar bagi setiap pihak yang hadir seperti menjalin kerjasama dan lainnya,” harap Dr. Furaidah, M.A., selaku ketua pelaksana iNELTAL 2019.

Pewarta           : Ulya Aziza Fitriya – Internship Humas UM

Pewarta Foto   : Riska Febrianti – Internship Humas UM