image_pdf
Pengumuman pemenang secara daring

Malang. Mahasiswa Universitas Negeri Malang (UM) kembali memperoleh Juara 1 pada Lomba Penelitian Mahasiswa PT. Hakaaston. Penelitian tersebut dilaksanakan sejak November 2020 hingga Februari 2021.

Kegiatan Lomba Penelitian Mahasiswa tersebut menjadi rangkaian peringatan ulang tahun PT HAKAASTON ke-10 yang mengusung tema “OPTIMIS, DINAMIS, BERSINERGI”. Tema lomba proposal penelitian mahasiswa ini adalah “Inovasi untuk Manufaktur Konstruksi”.

Lomba Penelitian Mahasiswa ini terdiri dari dua kategori yakni kategori Inovasi Pengembangan Material  dan Inovasi Pengembangan Value Engineering. Kategori Inovasi Pengembangan Material meliputi inovasi dalam pengembangan material manufaktur konstruksi jalan/jembatan/gedung/pengairan. Sedangkan kategori Inovasi Pengembangan Value Engineering meliputi inovasi dalam pengembangan aspek engineering/metode pelaksanaan/metode pengawasan mutu dalam kegiatan manufaktur konstruksi jalan/jembatan/gedung/pengairan.

Mekanisme Lomba Penelitian Mahasiswa diawali dengan seleksi proposal, presentasi gagasan, pengumuman juara, dan pelaksanaan penelitian yang dilaksanakan oleh anggota tim dan dosen pembimbing.

Pengumuman Pemenang

Mahasiswa UM yang berhasil memperoleh juara 1 pada event ini yaitu Bagawanta Team yang terdiri atas Christian Hadhinata, Adityo Pratikto, dan Arini Nurjanna dari Fakultas Teknik UM dengan dosen pembimbing M.Mirza Abdillah Pratama, ST, MT.

Pada perlombaan kali ini, Bagawanta Team mengangkat inovasi yang berjudul “Inovasi Dinding Precast Berbasis Self Healing Concrete untuk Solusi Penyembuhan Micro Crack  pada Bangunan Tinggi”. Christian menjelaskan bahwa karya yang diangkat berangkat dari mahalnya biaya perwatan beton yang rusak daripada biaya produksinya, belum terealisasikan self healing concrete pada produk beton pracetak, dan potensi kebutuhan dinding beton pracetak untuk bangunan tinggi bagi PT. Hakaaston.

Christian menyampaikan bahwa dirinya dan tim sangat bersyukur mendapatkan juara pertama pada ajang bergengsi kali ini. “Persiapannya bisa dibilang mendadak karena baru mengerjakan ketika H-7 deadline. Tetapi kami sangat bersyukur karena baru kali ini mendapat juara setelah mencoba semua perlombaan”, ucapnya.

Pewarta : Siti Nuradilla – Internship Humas UM