image_pdf
Rektor Universitas Negeri Malang, Prof. Dr. AH. Rofi’uddin, M.Pd.

Malang. Masjid Agung Jami’ Kota Malang adakan kegiatan kuliah Subuh dan kuliah jelang berbuka selama bulan  Ramadhan. Kegiatan dilaksanan selama 1 jam dan menghadirkan tokoh-tokoh dan ulama di Kota Malang. Kegiatan tersebut dapat diikuti secara langsung usai melaksanakan shalat subuh berjamaah di Masjid Jami Kota Malang, atau diikuti melalui Radio Madinah 99,8 FM dan tayangan secara langsung pada kanal Youtube Masjid Agung Jami Malang.

Pada Minggu, 2 Mei 2021 atau bertepatan dengan hari ke-20 Ramadhan 1442 H, Rektor Universitas Negeri Malang (UM) Prof. Dr. AH. Rofiuddin, M.Pd. mengisi kegiatan kuliah subuh tersebut. Dalam kesempatan tersebut beliau menyampaikan tentang “Pendidikan Daring di Masa Pandemi.” Prof. Dr. Ah. Rofiuddin menyampaikan bahwasanya Pendidikan adalah tentang  bagaimana kita membangun nilai, akhlak dan karakter. “Itulah mungkin kenapa di Indonesia Kemeteriannya dinamakan Kementerian Pendidikan bukan pengajaran karena jangkauan dari pendidikan itu sendiri luas.” Jelas beliau.

“Pendidikan daring menjadi sangat popular semenjak covid hadir, sebagai bentuk pencegahan adanya interaksi secara langsung, yang diduga menjadi sebar penyebaran covid 19.” Ujar beliau.  “Pendidikan daring ini terbagi menjadi 2 metode, ada asinkron dan sinkron. Sinkron itu metode dimana kita bisa beriteraksi secara langsung seperti halnya kegiatan offline. Sedangkan asinkron, itu bersifat tidak langsung dan dapat diakses kapanpun. UM menggunakan 2 metode tersebut dalam perkuliahan daring,” lanjutnya.

Prof. Dr. AH. Rofiuddin menyampaikan bahwa pendidikan daring ini tentunya memiliki keterbatasan, kekurangan dan kelebihan. “Perkuliahan atau pendidikan daring ini tidak bisa diharapkan untuk membangun akhlakul karimah pada anak. Namun dalam hal transfer ilmu yang sifatnya pengetahuan, pendidikan daring sangat efisien dan menghemat waktu. Inilah kenapa banyak orang tua mengharapkan pendidikan bisa dilaksanakan secara tatap muka lagi.” Pungkasnya.

Pewarta           : Muhammad Zaid Al Khair – Internship Humas UM

Link youtube https://www.youtube.com/watch?v=73OxJ0R6iY4