image_pdf
Pembukaan KRA VII 2020 Oleh Rektor Universitas Negeri Malang (UM)

Malang. Universitas Negeri Malang (UM) menjadi tuan rumah Konferensi Regional Akuntansi (KRA) VII Tahun 2020. Dengan mengangkat tema “Inovasi dalam Pembelajaran dan Praktik Akuntansi Untuk Peningkatan Kompetensi Akuntan Menyongsong Indonesia Emas 2045”, kegiatan ini dilaksanakan selama 2 hari (20-21/10) dan pembukaan KRA ini dilaksanakan pada hari Selasa. Kegiatan ini diselenggarakan oleh Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) UM.

KRA ini merupakan kegiatan yang dilakukan oleh Akuntan Indonesia Kompartemen Akuntan Pendidik (IAI KAPd) dan diadakan setiap tahunnya. Tahun 2020 ini UM mendapatkan kesempatan untuk menjadi tuan rumah dengan mengangkat isu-isu terkait pendidikan akuntansi.

Pemateri Prof. Dr. Bambang Sugeng, M.A.., M.M

Pembukaan ini dibuka langsung oleh Rektor um Prof. Dr. AH. Rofi’uddin, M.Pd yang menyinggung terkait isu-isu yang berkembang saat ini dalam bidang akuntansi dan kegiatan ini yang menjembatani para akademisi dalam menjawab isu tersebut dengan berbagai solusi.

Ketua pelaksana KRA VII, Dr. Satia Nur Maharani, S.E., M.SA.,Ak. menjelaskan terkait kegiatan ini

“KRA ini baru pertama kali diselenggarakan di perguruan tinggi pendidikan, sehingga karakter pendidikan itu harus tetap eksis. Selama perjalanan KRA I-VI lebih mengarah pada praktisi secara tenis dan jarang membahas terkait pendidikan, sehingga pada saat UM menjadi tuan rumah kami mencoba untuk mix antara bidang teknis dan pendidikan”, ujarnya.

Ibu Satia Selaku Ketua Pelaksana dan Ibu Puji Selaku Ketua Ikatan Akuntan Komisariat Malang Raya saat wawancara

Lebih lanjut Satia juga menjelaskan bahwa tahun ini peserta lebih banyak dari dosen, mahasiswa, praktisi serta guru-guru yang turut diundang secara free sekitar 200 sebagai bentuk kecintaan. Peserta pada tahun ini sekitar 1.000 dan terdiri dari 48 perguruan tinggi. Kegiatan yang dilaksanakan selama 2 hari ini dilaksanakan secara daring melalui zoom serta live streaming.

Dr. Puji Handayati, S.E., M.M., Ak., CA, CMA selaku ketua ikatan akuntan Indonesia komisariat Malang Raya mengatakan bahwa kegiatan ini diharapkan dapat mengembangkan wawasan terkait pembelajaran dan praktik akuntansi di era Revolusi Industri 4.0 menuju Indonesia Emas. Selain itu juga kegiatan ini sebagai wadah para penelitian dan kajian-kajian terkait akuntansi.

Pewarta : Riki Pratama –Internship Humas UM