image_pdf
Kajur JSA UM saat menyampaikan sambutan

Malang. Jurusan Sastra Arab Universitas Negeri Malang (UM) sukses menggelar acara tahunan Seminar Nasional Bahasa Arab Mahasiswa yang ke empat. Acara yang dilaksanakan via aplikasi zoom ini diikuti oleh 288 peserta dalam negeri dengan perincian 152 pemakalah, 47 non pemakalah, dan 91 panitia.

Puncak acara yang diadakan pada Sabtu 18 Juli 2020 ini, mendatangkan dua pemateri utama dari luar negeri yaitu: guru besar program studi kurikulum dan metode pembelajaran bahasa arab Madinah Prof. Dr. Ali Abdul Mohsen Elhudaiby dan direktur Hawwaz training multimedia pembelajaran Yordania Dr. Fahmi Younes Abdul Karim Balawneh. Turut hadir pula, Wakil Dekan III Fakultas sastra Dr. Yusuf Hanafi S. Ag, M. Fil, Kepala Jurusan Sastra Arab UM Dr. Hanik Mahliatussikah, M. Pd, Koordinator Program Studi S-2 Keguruan Bahasa Arab Dr. Ahsanuddin M. Pd, dan para dosen Jurusan Sastra Arab.

Pembukaan Acara oleh MC

Acara yang kemudian dikenal dengan SEMNASBAMA IV ini terdiri dari beberapa rangkaian acara mulai dari lomba penyusunan makalah sampai lomba presentator terbaik. Nadia Amri Fauzi selaku ketua mengungkapkan bahwa terdapat perbedaan dalam pelaksanaan tahun ini dengan tahun sebelumnya, bila tahun lalu dilaksanakan di Gedung AVA Fakultas Sastra, tahun ini  harus siap dengan konsep baru yang dilaksanakan secara daring.

Prof. Dr. Ali Abdul Mohsen saat menyampaikan materi

“Dalam pemilihan presentator terbaik contohnya, bila dulu dilakukan dengan membagi peserta dalam beberapa ruangan di gedung Fakultas Sastra, maka sekarang peserta diminta untuk mengunggah video kemudian pada peoses final dilakukan langsung melalui via google meet yang juga disiarkan langsung melalui youtube” Jelasnya.

Dalam sambutannya, Kajur JSA UM Dr. Hanik Mahliatussikah mengungkapkan rasa terimakasihnya kepada seluruh panitia dan peserta yang telah meramaikan dan menyukseskan acara ini. “saya bangga sekali dengan adanya acara ini, semakin tahun pesertanya semakin bertambah, begitu juga makalah yang dihasilkan semakin berkualitas” ungkapnya.

Para Peserta Seminar

Sementara itu, Wakil Dekan III FS Dr. Yusuf Hanafi berharap bahwa acara ini bisa dilaksanakan setiap tahunnya oleh HMJ Sastra Arab. “saya berharap acara ini terus berlanjut di tahun-tahun berikutnya, sebagai ajang diskusi ilmiah tingkat nasional dan lomba penulisan karya tulis ilmiah yang baik dan benar” ujarnya.

Penyampaian Materi oleh Dr. Fahmi Yunus

Adapun pemenang di setiap kategori adalah sebagai berikut: 1) Makalah terbaik Bahasa Arab A. M. Miftah Anshori dari UM, 2) Makalah terbaik bahasa indonesia Nadilla Lathifatun Ni’mah dan Hendri Maryanto dari Institut Pesantren Mathaliul Falah Pati, dan 3) Presentator terbaik Annisa Malinda Natasya Hagk dan Shofiy Petrina Mufidah dari UM dan UB. Selain itu, semua makalah yang terkumpul dikumpulkan menjadi buku Prosiding dan diupload melalui OJS Sastra Arab sehingga bisa diakses oleh siapapun yang ingin menulis artikel kebahasa araban.

Pewarta                       : Arya Wahyu Pratama                        — Internship Humas UM