image_pdf

Malang. Final lomba Karya Tulis Ilimiah dan Esai Nasional dengan tema “Inovasi Milenial dalam Mengoptimalkan Sumber Daya sebagai Implementasi SDG’s 2030” yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Geografi Universitas Negeri Malang (UM) dilaksanakan pada Sabtu, (13/04). Acara Volcano Scientific Competition “VOSICO” 2019 merupakan program kerja tahunan dari HMJ Geografi. Kategori Lomba untuk “VOSICO” 2019 terdiri dari 3 lomba, yaitu LKTIN Mahasiswa, LKTIN Siswa dan ESAI Mahasiswa. Final lomba LKTIN Tingkat Mahasiswa dilaksanakan di Aula Ki Hajar Dewantara Fakultas Ilmu Sosial (FIS) Universitas Negeri Malang (UM), sedangkan LKTIN Tingkat Siswa dilaksanakan di Aula H.O.S Cokroaminoto.

Dalam acara final kali ini dibidang LKTI diambil 10 finalis dari berbagai universitas untuk tingkat mahasiswa dan 10 finalis untuk tingkat siswa. Untuk Esai Mahasiswa berbeda dengan sistem LKTIN, jika kategori Esai langsung diambil 3 terbaik, untuk juara 1 Esai diraih dari Universitas Diponegoro atas nama Anggani Widya Sasongko dan Bimanto Bayu Bintoro.

Eka Sandy Haryojunanto selaku Ketua HMJ Geografi menjelaskan kegiatan “VOSICO” 2019 yang berjalan lancar. “Jadi VOSICO 2019 ini merupakan program kerja tahunan yang dilaksanakan oleh HMJ Geografi, yang membedakan lomba ini dengan lomba ditahun sebelumnya adalah tingkatan lombanya. Ditahun sebelumnya LKTIN untuk tingkatan mahasiswa, kami mencoba menginovasi untuk menambahkan lomba LKTIN ini untuk tingkat siswa, itulah yang membedakannya”

Akmal Fahmi selaku ketua pelaksana “VOSICO” 2019 menjelaskan tentang peserta dalam lomba tersebut. “Pendaftaran tahun ini untuk LKTIN Mahasiswa sebanyak 198 abstrak yang mencakup 26 universitas, untuk LKTIN Siswa sebanyak 102 abstrak yang mencakup 18 sekolah, lalu disaring lagi 50% dari full papernya dan diambil 10 finalis untuk di final hari ini”

Dalam final tersebut, Juara 1 LKTIN Tingkat Mahasiswa diraih oleh Dicky Marsa Adythia, Muhammad Faiz Shafiyurrahman dan I Gusti Agung Arvin Nanda Pratama dari Universitas Gadjah Mada. Juara 1 LKTIN Tingkat Siswa diraih oleh Moch. Zainur Rahman A, Anies Firdyanti Kusuma, dan Firman Mulya Ramadhan dari SMA Negeri 1 Prajekan Bondowoso.

Pewarta            : Riki Pratama – Internship Humas UM

Pewarta Foto    : Riska Febrianti – Internship Humas UM