image_pdf
Sambutan Kajur AP

Malang. Jurusan Administrasi Pendidikan (AP) Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Universitas Negeri Malang (UM) selenggarakan kuliah tamu bagi mahasiswa S1, S2, dan S3. Kuliah tamu yang berlangsung di Lt. 2 Aula E1 ini dibuka secara langsung oleh Prof. Dr. Bambang Budi Wiyono, M.Pd. selaku Dekan FIP pada Kamis (27/2).

Kegiatan yang diusung jurusan AP ini bertujuan untuk membekali mahasiswa berupa pengetahuan yang berkaitan dengan lulusan kerja alumni jurusan AP. Menindaklanjuti hal ini ketua jurusan AP, Dr. Mustiningsih, M.Pd. menjalin kerja sama dengan Ketua Bidang Perencanaan dan Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Jawa Timur Hasyim Ashari, S.Sos., M.Si. dalam rangka meningkatkan lulusan kerja. Bentuk dari kerja sama ini berupa penyediaan tempat magang mahasiswa jurusan AP yang akan dilaksanakan di lembaga pemerintahan tersebut.

Foto Bersama dengan Pemateri

Lebih lanjut, Hasyim Ashari, S.Sos selaku pemateri utama dalam kuliah tamu ini menyebutkan bahwa lulusan jurusan AP diciptakan untuk menjadi insan yang multitalent. “Mahasiswa AP memiliki lingkup bahasan yang luas. Jika dilihat dari core struktur program AP mempelajari mulai dari filsafat manajemen pendidikan, kepemimpinan, supervisi manejemen pendidikan, manajemen EO, proyek, dan diklat sampai dengan kewirausahaan.” jelasnya.

Acara yang berlangsung selama dua sesi ini mengupas materi seleksi CPNS dari kepala BKD Jatim dan materi kewirausahaan yang disampaikan oleh alumni jurusan AP tahun 2017. Lulusan AP ini telah sukses menjalankan bisnis reseller dan mampu menjual ratusan produk tiap bulannya.

Peserta nampak serius menyimak presentasi dari pemateri

Acara berlangsung secara interaktif dan peserta nampak antusias menyimak materi sekaligus melakukan tanya jawab sekitar prospek kerja lulusan AP nantinya. Maulana Amirul Adha dari S2 Manajemen Pendidikan, salah satu peserta mengungkapkan bahwa kegiatan yang diusung jurusan berupa kuliah tamu kali ini sangat membantu untuk membuka wawasan mahasiswa AP  sebelum masuk dunia kerja, “Informasi yang kami dapatkan dalam kuliah tamu kali ini sangat relevan dengan kebutuhan mahasiswa untuk menyiapkan diri sebelum lulus nanti atau sebelum masuk ke dunia kerja.” tuturnya.

Pewarta           : Yoga Abi Zakaria dan Riska Febrianti – Administrasi Pendidikan

Pewarta Foto   : Panitia Kuliah Tamu FIP