image_pdf

Malang, Jurusan Bimbingan dan Konseling FIP UM melakukan kegiatan Bakti Sosial (Baksos) dengan mengirimkan Relawan Psikososial  di Desa Rembun Kecamatan Dampit Kabupaten Malang. Kegiatan yang berlangsung selama 3 hari mulai Selasa, 22 April hingga Kamis, 24 April 2021 di dua titik di Desa Rembun yaitu di RW05 tepatnya di RT10 dan RT05, yang merupakan 2 lokasi yang paling terdampak dari bencana gempa yang terjadi pada Sabtu, 10 April 2021. Relawan Psikosial yang terdiri 16 Mahasiswa, 2 orang pendamping yang secara intesif melakukan pendekatan kelompok dengan Teknik-teknik bimbingan kelompok kepada anak-anak yang terdampak bencana gempa.

Sebelumnya Mahasiswa relawan mendapat pengarahan dari ketua jurusan Bimbingan dan Konseling Dr. Muslihati, S.Ag, M.Pd. Pembekalan terkait teknis pelaksanaan Bakti Sosial dan Teknik-teknik bimbingan kelompok yang akan diterapkan pada saat pelaksanaan Bakti Sosial oleh Dra. Ella Faridati, Zen, Widya Multisari, M.Pd, dan Riskiyana Prihatiningsih, M.Pd. Pelaksanaan kegiatan Baksos diawali dengan melakukan survey di 2 lokasi terdampak dan dilanjutkan dengan Assement Awal. Selanjutnya Mahasiswa relawan melakukan analisis dan mempersiapkan pelaksanaan keesokan harinya. Antusiasme anak – anak korban gempa terlihat dengan jumlah yang cukup banyak untuk mengikuti kegiatan psikosial di Gedung PAUD dan Hutan Jati.  

Pelaksanan Bakti Sosial terselenggara tidak terlepas dari dukungan Fakultas Ilmu Pendidikan dan peran alumni yaitu Ibu Rita Lianovita, S. Pd yang menjembatani Jurusan Bimbinagan dan Konseling melalui sekertaris Jurusan BK Dr. Arbin Janu Setyowati, M.Pd dengan pihak perangkat Desa Rembun. 

Pewarta :Riskiyana Prihatiningsih