image_pdf

Malang. Sebagai insan akademis seyogianya memiliki konsistensi dalam dunia kepenulisan, baik berupa hasil penelitian, artikel ilmiah, hingga buku. Hal tersebut perlu digencarkan dalam rangka memberikan kebermanfaatan dengan skala yang lebih luas kepada masyarakat umum. Untuk menumbuhkan semangat menulis tersebut, Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah menggelar seminar penulisan buku ajar bagi para dosen.

Seminar tersebut dilaksanakan secara daring melalui platform zoom meeting pada Rabu (14/07). Kegiatan yang dilaksanakan sejak pagi hingga menjelang siang ini bertajuk “menjadi penulis buku produktif” dengan menghadirkan dua narasumber, yaitu Prof. Dr. Sugiyono yang merupakan penulis buku best seller rekor MURI dan Ketua PW LP Ma’arif NU DIY, dan Prof. Dr. Sa’dun Akbar, M. Pd., yang merupakan Guru Besar UM dan penulis buku best seller. Selain dua pemateri utama tersebut, seminar ini juga menghadirkan pihak penerbit yaitu Agustina Rahmawita Direktur Penerbit PT Remaja Rosda Karya.

Ketua Jurusan KSDP Dr. H. Sutarno, M.Pd

Dalam sambutannya, Ketua Jurusan KSDP Dr. H. Sutarno, M.Pd., berharap para dosen di lingkungan KSDP semakin produktif dalam menulis buku terutama di masa revolusi industri seperti saat ini. “Jadi dengan mempertemukan kedua jalur yaitu penulis dan penerbit, kami berharap ada format baru dalam penulisan buku ajar sehingga para dosen bisa semakin bersemangat dalam menulis” ujarnya.

Dalam materinya, Prof. Dr. Sugiyono mengungkapkan bahwa buku bisa dikategorikan sebagai best seller jika diterbitkan sebanyak 10 ribu eksemplar selama tiga tahun berturut-turut. Ia juga menyampaikan manfaat  yang ia dapatkan dari menulis buku yaitu poin, koin, sosial dan ibadah. “Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan jika buku kita ingin menjadi best seller, diantaranya kita harus memiliki niat yang terlaksana, isi buku memenuhi RPPS, dan prediksi jumlah pengguna buku,” paparnya.

Pewarta           : Arya Wahyu Pratama           — Internship Humas UM