image_pdf
Wakil Dekan I Dr. Agus Hermawan, GradDiptMgt.M.Si., M.Bus. pada saat membuka secara resmi acara SNIM 2021

MALANG – Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi (FE) Universitas Negeri Malang (UM) menyelenggarakan acara Seminar Nasional Ilmu Manajemen (SNIM) 2021 pada Selasa, 22 Juni 2021. Dengan mengangkat tema “Formulasi Strategi Ketidakpastian Across Industries Talks” kegiatan dimulai pukul 8.00 hingga 12.00 WIB dengan metode dalam jaringan (daring).

Wakil Dekan I FE UM, Dr. Agus Hermawan, GradDipMgt., M.Si., M.Bus., membuka secara resmi kegiatan yang juga dihadiri oleh Rayie Tariaranie Wiraguna, S.E., M.M. selaku pembawa acara, Yana Respati Dewi, S.E., M.M. sebagai moderator, dan 3 pembicara yakni Handi Setyadi, yang merupakan sosok Client Solution Manager Tiktok, Deassy Rizky Syahputri, merupakan product manager dari TaniHub, dan Rio Indradinata, merupakan General Manager dari SFS Group.

Tidak hanya melangsungkan seminar, pada SNIM 2021 juga dilaksanakan ajang “Call for Paper”, yaitu kompetisi penyusunan paper dengan 9 topik lingkup manajemen yang telah ditentukan, antara lain manajemen keuangan, manajemen operasional, manajemen pemasaran, manajemen sumber daya manusia, manajemen bisnis syariah, manajemen strategik, kewirausahaan, pendidikan administrasi dan perkantoran, dan pendidikan tata niaga. Ajang ini digelar dengan ketentuan tenggat waktu yang dibatasi sampai dengan tanggal 10 Juni 2021 dan artikel yang diterima untuk dipublikasikan diumumkan pada tanggal 15 Juni 2021. Dalam acara seminar daring ini pun artikel terpilih masih akan diumumkan kembali pada sesi penutupan acara oleh Ketua Jurusan Manajemen Dr. Ely Siswanto, S.Sos, M.M.

Wakil Dekan I FE UM pada kesempatan tersebut menyampaikan, “disini saya melihat ada satu contoh kegiatan yang didalamnya terkait pembiayaan bagi petani, saya kira kegiatan tersebut nantinya akan berpengaruh pada bagaimana petani bisa semakin berkembang dan mempeluas pemasaran” ujarnya.

Acara seminar ini digelar dengan tujuan menggali lebih dalam tentang penyusunan strategi bisnis dan tata cara pengelolaannya pada perusahaan yang bersifat dinamis seperti perusahaan rintisan (startup). Beberapa pembicara pun membagikan pengalaman kinerja mereka selama bekerja di perusahaan rintisan guna memberi pencerahan kepada peserta seminar daring yang diharapkan memudahkan peserta dalam mempersiapkan diri mereka untuk terjun di dunia kerja. “Ada quotes yang saya kutip dari beliau (Red: Danny Sim, Founder SFS Group), sukses bukan hanya berasal dari orang tua kaya, kepintaran, atau keberuntungan semata. Never give up adalah keyword paling mempengaruhi kesuksesan.” ujar Rio Indradinata dalam penutupan materinya.

Dalam sesi tanya jawab secara interaktif antara peserta dengan pembicara seminar daring yang diperantarai oleh moderator, peserta bahkan pihak dosen pun cukup aktif bertanya pada saat pembicara menyelesaikan penjelasan materinya.

Pewarta: Afica Dela Vega – Internship Humas  UM.