image_pdf

Malang. Selalu menjadi rujukan perguruan tinggi lainnnya, Universitas Negeri Malang (UM) Kampus 2  Sawojajar mendapat kunjungan dari Universitas Trilogi Jakarta dalam rangka Kuliah Kerja Lapangan (KKL) pada Rabu (10/4). Kegiatan yang bertempat di Aula Kampus 2 tersebut dihadiri oleh Ketua Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Pra Sekolah (KSDP) , Pembimbing KKL,  seluruh peserta KKL, dan perwakilan Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) KSDP.

Sebagai Program Studi perdana, Pihak Prodi khususnya mahasiswa membutuhkan banyak informasi akan sistem perkuliahan Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD). Tidak hanya gambaran kurikulum pada jenjang S-1 namun juga tahap pendidikan selanjutnya seperti Program Program Sarjana Mendidik di daerah Terluar, Terdepan dan Tertinggal (SM3T) dan Pendidikan Profesi Guru (PPG). Maka dari itu, materi yang dibicarakan dalam kunjungan kali ini adalah terkait program SM3T dan PPG.

Ketua Jurusan KSDP, Dr. H. Sutarno, M.Pd menyampaikan ketika pemaparan materi bahwa Pemerintah telah mengganti program SM3T dengan tugas khusus lalu mengikuti program PPG di kampus.

“Dalam hal ini, Pemerintah telah mengganti program SM3T dengan tugas khusus. Tugas khusus ini ditempatkan di tempat terpencil, setelah rampung dari tugas khusus, Yang bersangkutan melanjutkan Program PPG di kampus”. Ujarnya.

“Awalnya program PPG ini dinamakan Pendidikan dan Latihan Profesi Guru (PLPG). PLPG dulunya hanya dilaksanakan dalam waktu 11 hari namun sekarang program tersebut diubah menjadi PPG dan dilaksanakan dalam rentang waktu 3-6 bulan. UM khususnya jurusan KSDP diberi kepercayaan oleh pemerintah untuk menyelenggarakan program PPG di kampus. Tentunya kuota yang kami tetapkan sesuai dengan yang ditetapkan oleh Pemerintah”. Pungkasnya.

Bobby, salah satu mahasiswa Trilogi Jakarta menyatakan alasan memilih UM sebagai sasaran kunjungan KKL.

“ Kami memilih UM sebagai kampus tujuan KKL karena UM terkenal dengan pendidikannya dan juga ingin mengetahui sistem pembelajaran yang diterapkan khususnya Prodi PGSD” tuturnya.

Untuk mengetahui lebih dalam akan kehidupan Kampus 2, Mahasiswa Trilogi diajak berkeliling Kampus 2 bersama dengan Ketua Jurusan KSDP.

Pewarta : Fierda Nursitasari Amaliya – Internship Humas UM