image_pdf

Malang. Kelompok Bimbingan Ibadah Haji dan Umrah (KBIHU) Al-Falah UM kembali melaksanakan bimbingan manasik haji dalam menyongsong ibadah haji dan umrah pada tahun 2020. Bimbingan ini dibuka oleh Dr. Hardika, M.Pd. selaku Sekretaris Lembaga Pengembangan Pendidikan dan Pembelajaran Universitas Negeri Malang (LP3 UM) pada Sabtu (01/02) di aula LP3 Gedung H8 lantai 2 Universitas Negeri Malang.

KBIHU Al-Falah UM memberikan kesempatan bimbingan kepada Civitas Akademika UM maupun warga di luar lingkungan UM dengan 13 narasumber. Bimbingan Manasik Haji dan Umrah ini akan diikuti oleh 58 orang peserta dengan 32 orang berangkat haji pada tahun 2020, 7 orang berangkat melalui sistem reguler (haji plus) pada tahun 2020, 6 orang manula, dan sisanya melaksanakan umrah atau haji tahun depan.  Berbeda dari tahun sebelumnya, pada tahun 2020 manula tidak lagi dengan sistem mengusulkan diri namun harus menunggu kouta manula sebagai kebijakan Kementerian Agama RI.

Ketua Pelaksana Bimbingan Manasik Haji dan Umrah, Prof. Dr. Imam Asrori, M.Pd menyatakan bahwa pelaksanaan bimbingan manasik haji akan berlangsung dalam 7 kali pertemuan pada hari sabtu. “Pelaksanaan bimbingan manasik haji dan umrah akan berlangsung dalam 7 kali pertemuan setiap 2 minggu pada hari sabtu sebelum ramadhan. Pada ramadhan, akan dilaksanakan pertemuan dan bimbingan pada hari ahad sambil menunggu perkembangan dari Kementerian Agama,” jelasnya. Ia juga menginformasikan bahwa jamaah akan didampingi oleh Prof. Dr. Dawud, M.Pd. selama di tanah suci.

Dalam kesempatan ini, Drs. H. Usman selaku peserta bimbingan manasik haji tahun 2019 memberikan testimoni bimbingan yang disuguhkan KBIHU UM 2019. Ia mengucapkan terima kasih kepada civitas akademika UM dalam pelayanan dan bimbingan yang maksimal.”KBIHU UM tidak tanggung-tanggung dalam membimbing kami. Kami juga disuguhkan fasilitas yang bagus dan kepulangan kami pun dijemput di asrama haji, sangat membanggakan,” ungkapnya. Ia berpesan untuk seluruh peserta bimbingan agar mempersiapkan perlengkapan pribadi dan membiasakan diri dengan kondisi serta kendala di tanah suci nanti.

Pewarta           : Siti Nuradilla – Internship Humas UM

Pewarta Foto   : Kautsar S – Humas UM