image_pdf

Malang. Perkembangan teknologi yang semakin dinamis menjadi suatu tantangan sekaligus peluang. Upaya eksplorasi berbagai ilmu pengetahuan yang sedang berkembang dapat menjadi perhatian penting untuk dijalankan. Menyikapi hal tesebut, Departemen Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Negeri Malang (UM) menyelenggarakan Pekan Seminar Nasional dan Call Paper Kelompok Bidang Keahlian (KBK). Pekan Seminar nasional sukses terselenggara pada (18-22/04) secara daring melalui zoom meeting dan youtube. Mengangkat lima tema terkait perkembangan ekonomi dan bisnis di era digitalisasi, seminar ini mendatangkan pembicara yang berkompeten dan telah berkecimpung di bidang tersebut. Selain itu, dosen FEB UM juga turut hadir menjadi pembicara pada seminar ini.

Wakil Dekan I FEB, Dr. Agus Hermawan, GradDipMgt., M.Si, Mbus., menyampaikan berubahnya UM menjadi PTN-BH dan bergantinya nama Fakultas Ekonomi menjadi Fakultas Ekonomi dan Bisnis tentu diiringi dengan perkembangan program pendidikan dan peningkatan kualitas pendidikannya. Maka dari itu, KBK yang terdiri dari kelompok dosen-dosen yang memiliki keahlian sama menyelenggarakan seminar ini. “Adanya KBK akan membantu mahasiswa dalam mengkaji topik-topik penelitian. Selain itu, perkembangan teknologi yang ada sekarang akan memberikan nuansa keilmuan yang kental dalam fokus penelitian di lingkup rumpun ilmu. Maka dari itu, UM berkomitmen untuk mengembangkan keilmuan dan kualitas dosennya,” jelasnya.

Materi terkait “Manajemen dan Strategi Inovasi Pemasaran dan Tantangan Arus Teknologi” menjadi pembuka pada acara ini. Matthew Ardian  selaku Vive President Marketing Fore Coffe Indonesia dan Dr. Titis Shinta Dewi, S.P, M.M. selaku Ketua KBK Pemasaran FEB UM sekaligus Korprodi S1 Manajemen menjadi pembicara pada tema tersebut. 

Matthew Ardian menjelaskan pengaruh digital marketing dalam peningkatan kesadaran konsumen sangat besar. Lalu di kesempatan yang sama, Dr. Titis Shinta Dewi  menyampaikan harapan terselenggaranya diskusi pada seminar ini.“Harapannya hal ini dapat membekali skripsi untuk mahasiswa. Perlu sesuatu yang berkembang ke depannya begitu juga tema skripsi. Hal ini dikarenakan ilmu marketing merupakan ilmu yang cepat sekali perkembangannya,” ujarnya.

Selanjutnya di hari kedua tema yang dibahas adalah “Pendidikan Bisnis dalam Arus Perubahan Teknologi Digital dan Berkarakter”. Pada kesempatan ini hadir pembiacara yaitu Ade Irma Setya Negara selaku CEO GreatEdu dan Dr. H. Ludi Wishnu Wardana, M.M. selaku Dosen Departemen Manajemen Pendidikan Tata Niaga FEB UM membahas mengenai peran stategis pendidikan bisnis dalam menghasilkan lulusan yang mampu beradaptasi dengan perubahan teknologi.

Di hari ketiga, kegiatan mengangkat tema “How to Keep Your Top Talent? Re-inventing Talent Manegement on Human Resource Practices”. Yulius S. Bulo selaku Operation Director  Pertamina Fundation dan Dr. Syihabudhin, S.E., M.Si., selaku Ketua KBK MSDM FEB UM menjadi pembicara pada tema tersebut dan membahas langkah-langkah menjadi top tallent dalam perkembangan dunia bisnis yang terus berkembang.

Berikutnya, dikupas mengenai tema “Digital Office Disruption, Challenges or Threat?”. Pembicara tema ini adalah Maman Tadarusman yang merupakan People Development Asistant Manager PT Dharma Agung Wijaya Group dan M. Nuruddin Zanky, S.Pd, M.Pd., yang merupakan Dosen Pendidikan Administrasi Perkantoran FEB UM. 

Terakhir disampaikan tema “Manajemen Keuangan: Tak Semata Kalkulasi” dengan pemateri Kamaruddin Batubara selaku Presiden Direktur Koperasi Syariah Benteng Mikro Indonesia dan H. Subagyo, S.E., S.H., M.M. selaku Dosen Departemen Manajemen FEB UM sekaligus menjadi penutup pada pekan seminar nasional kali ini.

Pewarta: Novita Eka Andriyana – Internship Humas UM.

Editor: Nike V. Yuarko