image_pdf
Dokumentasi Kelompok Kerja Mahasiswa KKN UM

Malang. Kelompok kerja mahasiswa KKN Universitas Negeri Malang (UM) sukses dalam program yang dijalankannya yaitu Pemberdayaan Ketrampilan dan Kreativitas Masyarakat di desa Tegalsari Kepanjen Malang. Diketahui program tersebut berfokus pada pemberdayaan manajemen hasil bumi di desa Tegalsari dan meningkatkan ketrampilan masyarakat dalam mengolah hasil bumi desa Tegalsari. Program tersebut dilaksanakan 5 hari sebelum penutupan KKN.

Kelompok KKN ini memberikan luaran dan kontribusi nyata berupa pembuatan identitas branding untuk UMKM Kerupuk Beras dengan nama “Upuk Uli”. Pembuatan identitas tersebut dikarenakan sebelumnya UMKM tersebut belum memiliki identitas. Selain itu ada pula pembaharuan atau pergantian branding lama ke baru untuk UMKM Keripik Pisang.

M. Mansyur Maulana selaku perwakilan dari kelompok kerja mahasiswa tersebut menjelaskan bahwa branding dan packaging merupakan salah satu komponen utama dan penting dalam sebuah produk atau usaha untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas. Selain itu branding dan packaging juga turut serta menjadi bahan evaluasi atas keberhasilan sebuah produk yang telah dipasarkan, sehingga memunculkan berbagai ide, inovasi, dan kreasi untuk kedepannya.

“Bisa dilihat juga antusiasme dari masyarakat Tegalsari yang berpartisipasi dalam program ini sangat tinggi, walaupun ada beberapa kendala salah satunya aturan protokol SarsCov-19 menyebabkan pembatasan jumlah mahasiswa yang ikut berpartisipasi secara langsung. Akan tetapi program ini tetap bisa berjalan dengan lancar,” ujarnya..

Pembaharuan Identias (branding lama-branding baru)

Dalam melaksanakan programnya ini kelompok kerja KKN UM mempunyai prinsip yaitu fokus dan terjun langsung ke lapangan untuk mengamati berbagai hal seperti potensial, problematika, sumber daya manusia, serta pemberdayaan sebelum merencanakan program kerja, sehingga melalui pengamatan dan survey lokasi secara menyeluruh dan detail mampu memberikan kontribusi yang nyata dan tepat pada sasaran utama KKN.

Pembuatan Identitas-Branding untuk UMKM Kerpuk Beras desa Tegalsari

M. Mansyur Maulana juga mengungkap bahwa “melalui KKN, tim mendapatkan pengalaman, pengetahuan, dan wawasan baru dalam terjun langsung mengamati potensial, permasalahan dan kondisi desa Tegalsari, serta sangat bangga bisa menjadi bagian untuk turut serta memberikan kontribusi nyata di desa Tegalsari Kepanjen Malang melalui program kerja Pemberdayaan keterampilan dan kreativitas Masyarakat, serta mencipatakan hubungan kekeluargaan dan persaudaraan antara mahasiswa KKN dengan masyarakat desa Tegalsari Kepanjen Malang”, pungkasnya.

Pewarta           : RIZKA PUTRIANA – Internship Humas UM (Mahasiswa Sastra Indonesia UM)