image_pdf

Jember. Meskipun saat ini merupakan hari libur pada periode perkuliahan Universitas Negeri Malang (UM), prestasi-prestasi dari mahasiswa UM terus berdatangan. Kali ini prestasi datang dari kolaborasi mahasiswa atas nama Surrotul Hasanah (FIS), Anita Widyawati (FE), Fina Zakiyatun Nufus (FS). Mereka berhasil mengharumkan nama UM lewat gelaran Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional BORN di Universitas Jember pada 22 Juni 2019 dengan memperoleh Juara 3. Tema yang diusung dalam perlombaan ini adalah “Inovasi Milenial Melalui Realisasi IPTEK Menuju Indonesia Sustainable Development Goals di Era Revolusi Industri 4.0”.

”Alhamdulillah perasaan saya sangat senang dan sangat bersyukur” kata Fina setelah memperoleh Juara 3.

Motivasi dalam mengikuti perlombaan ini adalah ingin menyalurkan hobi menulis, mengukur kemampuan serta mencari pengalaman baru yang nantinya dapat bermanfaat bagi banyak orang

Dalam perlombaan karya tulis ilmiah nasional ini, Fina Zakiyatun Nufus dan tim menawarkan suatu aplikasi tour guide yang memiliki 5 bahasa di dalamnya, yaitu bahasa Inggris, Spanyol, Mandarin, Arab dan Indonesia. Aplikasi ini memiliki pilihan destinasi wisata, sehingga pengguna bisa memilih wisata yg diinginkan dimana setiap destinasi akan dilengkapi dengan peta dan deskripsi lengkap yg bisa diakses dalam bentuk tulisan, gambar, maupun audio.

Dengan karya tersebut, tim UM berhasil menyingkirkan pesaing-pesaingnya dari Universitas-Universitas yang ada di Indonesia. Meskipun terhambat kendala persiapan yang mepet, semangat tim mahasiswa UM ini tetap tinggi untuk mencapai tangga juara di Universitas orang.

” Selagi muda, jangan berhenti berkarya dan menjadi bermanfaat bagi orang lain” pesan Fina kepada mahasiswa UM lainnya

Kunjungi galeri kegiatan

Pewarta oleh: Zahid Zufar At Thaariq, Mahasiswa Teknologi Pendidikan

Foto oleh: Fina Zakiyatun Nufus, Mahasiswa Sastra Inggris