image_pdf

Malang. Universitas Negeri Malang (UM) yang dipercaya sebagai pusat inovasi pembelajaran, tentunya harus melahirkan produk yang inovatif di dunia pendidikan. Bukan hanya para dosen, mahasiswanya juga dilatih untuk mewujudkan hal tersebut. Hal ini dibuktikan oleh Tim Eduta yang berhasil meraih juara 1 LKTIN HMPS PIPS UM 2021. Lomba yang dilaksanakan secara virtual pada 29 Juli – 28 Agustus 2021 tersebut diikuti oleh ratusan peserta dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia.

Ketua Tim Rista Anggraini mengungkapkan bahwa konsep yang diusung adalah media pembelajaran board game berbasis Augmented Reality untuk mendukung pelestarian budaya bagi siswa SMP. “Keunikan dari media kami yaitu kami menggabungkan antara kemajuan IPTEK dengan perkembangan budaya lokal, dengan tujuan utama melestarikan budaya lokal ditengah pesatnya perkembangan IPTEK, sehingga budaya lokal tersebut dikenal oleh generasi penerus bangsa,” ujarnya.

Dalam mengembangkan media pembelajaran ini, Tim Eduta telah melakukan berbagai metode pendekatan, mulai dari studi literatur, wawancara, hingga analisis kebutuhan. Tim Eduta diketuai oleh Rista Anggraini dengan anggota A. Zaenal Arifin dan Adam Satriya Pratama. Ketiga mahasiswa tersebut adalah mahasiswa prodi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial.

Kendala utama yang dihadapi oleh tim Eduta adalah sulitnya membagi waktu dan sulitnya bertemu secara luring. Sehingga koordinasi dilakukan secara daring dan membutuhkan waktu yang relatif lama untuk menyamakan pemikiran. Meskipun demikian, Tim Eduta telah berhasil mengatasi kendala tersebut dan terbukti mampu menjadi juara dalam lomba KTI Nasional.

Rista berpesan kepada mahasiswa UM untuk senantiasa semangat belajar dan berinovasi meskipun ditengah pandemi. “Tidak ada yang tidak mungkin selama itu ada niat dan kemauan, teruslah berkarya dan bergema presentasi untuk membangun kontribusi dalam negeri, jika bukan kita yang melakukan lalu siapa lagi, dan jangan lupa tetap berdoa dan usaha untuk mewujudkan kemauan itu,” ujarnya.

Pewarta          : Arya Wahyu Pratama           – Internship Humas UM