image_pdf

Forum Mahasiswa Bidik Misi dan KIP Kuliah Universitas Negeri Malang (Formadiksi UM) telah menyelenggarakan seminar kepenulisan nasional bertajuk “The Miracle of Writing” pada Sabtu (13/08/2022). Kegiatan dilaksanakan menggunakan sistem hybrid dengan peserta daring melalui Zoom Meeting dan peserta luring bertempat di Aula Gedung Kuliah Bersama (GKB) A19 Lantai 9. Tujuannya untuk mengasah ide-ide kreatif serta gagasan-gagasan inovatif dalam upaya mengembangkan potensi minat bakat mahasiswa untuk menghasilkan prestasi khususnya di bidang literasi.

Seminar ini merupakan acara puncak dari serangkaian Lomba Cipta Opini, Puisi, dan Cerpen Nasional (OPCN) dan Lomba Karya Tulis Ilmiah dan Esai Nasional (LKTIEN) Formadiksi UM dimana di akhir kegiatan diumumkan nama-nama para pemenang lomba. Hal serupa diungkapkan Taupik Yuhana selaku Ketua Umum Formadiksi UM dalam sambutannya.

Gedung Kuliah Bersama Universitas Negeri Malang

“Seminar ini diselenggarakan sebagai puncak lomba OPCN dan LKTIEN dimana di sini kita menghadirkan pemateri yang luar biasa, yaitu Pak Hendra dan Kak Lucia. Semoga nantinya dapat berkesan dan dapat bermanfaat bagi hadirin semuanya. Harapannya dengan diadakannya serangkaian lomba tersebut tentunya tidak menghentikan atau mencukupkan semangat kita dalam berkarya dan juga berinovasi, namun justru semakin menumbuhkan semangat kita untuk selalu memberikan ide-ide, inovasi, sehingga nantinya dapat bermanfaat khususnya untuk kita dan umumnya untuk seluruh masyarakat di sekitar kita. Semoga dengan diadakannya serangkaian lomba tersebut dan juga seminar kepenulisan kali ini dapat mempererat tali persaudaraan kita dan kebersamaan di antara kita,” papar Taupik.

Seminar nasional kali ini mendatangkan dua narasumber untuk materi yang berbeda, yakni Hendra Susanto, S.Pd., M.Kes., Ph.D., selaku bagian dari Tim Percepatan Publikasi, Pusat Publikasi Akademik, Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LP2M) UM dengan materi bertema “Menembus Jurnal Bereputasi” dan penulis novel dan antologi puisi,  Lucia Priandarini, S.Sos., yang membawakan materi dengan tema “Menembus Cakrawala Melalui Sastra”.

Pendamping teknis Formadiksi UM, Wiwid Nurachmawati, S.P., M.M., menyampaikan sambutannya sekaligus membuka kegiatan secara resmi. Beliau berterima kasih kepada seluruh pihak yang terlibat aktif dalam mensukseskan kegiatan mulai dari lomba hingga puncaknya pada seminar kali ini. Beliau juga berharap bahwa melalui serangkaian kegiatan yang dilaksanakan ini dapat mengembangkan potensi mahasiswa untuk terus berprestasi.

“Alhamdulillah semenjak pandemi Covid-19, baru kali ini kita bisa menyelenggarakan seminar hybrid nasional yang bisa diikuti oleh seluruh peserta lomba. Ucapan terima kasih kepada seluruh undangan, kepada para narasumber, kepada seluruh panitia, dewan juri, dan juga seluruh peserta yang telah berkontribusi aktif dalam kegiatan ini sehingga kegiatan ini bisa berjalan baik dan lancar. Kami berharap semoga dengan diadakannya kegiatan ini akan dapat meningkatkan motivasi adik-adik bidik misi dan KIP Kuliah untuk mengasah ide-ide kreatif, gagasan-gagasan inovatif dalam upaya mengembangkan potensi minat bakat adik-adik untuk menghasilkan prestasi,” ujar pendamping teknis Formadiksi UM.

Pewarta: Malichatus Sa’diyah – Internship Humas UM