image_pdf

Malang. Malam puncak dari rangkaian kegiatan Mahrajan Arabi yang digelar oleh Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Sastra Arab Universitas Negeri Malang (UM) dilaksanakan pada Hari Kamis (28/03) di Gedung E6 Lantai 2. Malam puncak kegiatan tersebut dilaksanakan mulai pukul 19.00-21.00 WIB dengan peserta dari seluruh mahasiswa Jurusan Sastra Arab angkatan 2016-2018. Tema dari Mahrajan Arabi untuk Tahun 2019 yaitu “Membumikan Bahasa Arab dengan Nilai-Nilai Nusantara”

Kegiatan yang digelar oleh HMJ Sastra Arab Divisi Bakat dan Minat ini merupakan kegiatan yang dilaksanakan setiap tahun di pertengahan semester genap. Kegiatan ini berisi lomba-lomba, setidaknya terdapat 13 cabang lomba antara lain lomba menyanyi, puisi, pidato dan drama dengan menggunakan Bahasa Arab. Tujuan dari kegiatan ini yaitu mempersiapkan mahasiswa yang nantinya akan dikirim untuk mengikuti lomba ditingkat yang lebih tinggi.

Salah satu panitia dari Mahrajan Arabi ini mengatakan bahwa kegiatan di malam ini merupakan puncak dari rangkaian acara yang dimulai sejak Hari Rabu (20/03)

Yang menjadi perhatian lagi bahwa dari 13 cabang lomba tersebut salah satunya terdapat Duta Jurusan Sastra Arab (JSA) 2019 yang disabet oleh Zakiyatul Sholihah angkatan 2017 dan Abdul Rahman Prima angkatan 2018.

Zakiyatul sebagai Duta Jurusan Sastra Arab yang baru mengatakan bahwa kompetisi duta ini dimulai dengan pengumpulan sertifikat-sertifikat, sesi tanya jawab dengan menggunakan Bahasa Arab dan penampilan bakat.

“Kesannya pastinya senang dan Alhamdulilah bisa mendapatkan gelar sebagai Duta JSA 2019, disisi lain takut dan senang. Senangnya Alhamdulillah bisa menang dicabang ini, takutnya yaitu kita harus bisa menjaga perilaku dan etika kita karena kita harus menjaga nama baik Duta JSA ini” ujarnya.

Dalam cabang lomba Duta JSA 2019 peserta wajib menampilkan bakat yang dimilikinya. Zakiyatul dan Abdul yang menjuarai Duta JSA 2019 ini juga menampilkan bakat yang sama, yaitu menyanyi dengan menggunakan Bahasa Arab.

Pewarta           : Riki Pratama- Internship Humas UM

Pewarta Foto   : Abdul Fattah- Internship Humas UM