image_pdf

Malang.  Universitas Negeri Malang (UM)  masih dalam kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) tahun 2019. Di hari kedua PKKMB,  yang dilaksanakan hari Rabu (14/08) di Graha Cakrawala dimulai pukul 07.00 WIB.  Dihari kedua, PKKMB UM 2019 menghadirkan Wakil Rektor 1 Prof. Dr. Budi Eko Soetjipto, M.Ed., M.Si, yang membawakan materi mengnai layanan akademik. Wakil Rektor 3 Dr. Mu’arifin, M.Pd yang menyampaikan tentang organisasi dan kegiatan kemahasiswaan. Prof. Dr. Sutopo, M.Si yang akan menyampaikan tentang UM The Learning Universiy dan Kurikulum UM 2019 dalam Era Revolusi 4.0. Sekaligus mengadirkan dr. Sendhi Tristanti P, M.Kes yang akan menyampaikan tentang penyalahgunaan NAPZA di lingkungan pendidikan tinggi dan Dr. Hj. Umi Dayati, M.Pd yang menyampaikan materi tentang pembinaan karakter dan revolusi mental.

PKKMB di hari kedua dimulai dengan maba melakukan presensi, lalu maba masuk ke dalam Graha Cakrawala, dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, Hymne UM, dan Mars UM. Dilanjutkan dengan materi dari Bapak Sutopo, Wakil Rektor 1, Wakil Rektor 3. Di pertengahan acara PKKBM hari kedua,  ditayangkan video dari Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM), selain itu juga dilakukan parade UKM sebanyak 34 UKM yang membaqa bendera kebanggaan masing-masing dari UKM.

Dalam materi tentang organisasi dan kegiatan kemahasiswaan yang disampaikan oleh  Dr. Mu’arifin, M.Pd, menjelaskan mengenai UKM.

“Bahwa, saudara-saudara yang memiliki potensi untuk mengikuti UKM dan ikut kompetisi dalam pemeringkatan UM untuk menjaga UM berada di ranking 14 di cluster 1. Jadi mahasiswa baru juga harus menjaga peringkat UM tersebut dan tahun depan semoga tetap di cluster 1 dan naik ke peringkat 13”

Hari kedua PKKMB tersebut sangat meriah ditambah dengan pemateri yaitu dr. Sendhi Tristanti P, M.Kes dan Dr. Hj. Umi Dayati, M.Pd.

dr. Sendhi Tristanti P, M.Kes yang membawakan materi mengenai NAPZA membuat suasana lebih menarik, Ibu Sendhi mengemas materi dengan menggunakan metode fakta atau mitos seputar NAPZA dan melakukan Healthy Ice Breaking. Di penghujung PKKMB hari kedua, lebih dimeriahkan lagi oleh pemateri sekaligus motivator yaitu Dr. Hj. Umi Dayati, M.Pd yang memberikan materi dan motivasi-motivasi untuk Laskar Dewantara Muda. Selain itu, Bu Umi Dayati membuat kemeriahan lain dengan menyanyikan lagu berjudul “cinta luar biasa”, “selow”,”gebyar-gebyar” dan ditutup dengan sebuah lagu dangdut.

Pewarta : Riki Pratama- Internship Humas UM

Pewarta Foto : Tim Dokumentasi