image_pdf

Blitar. Koordinator Kegiatan Mahasiswa (KKM) Kampus 3 Universitas Negeri Malang (UM) sukses gelar webinar kewirausahaan. Webinar yang dilaksanakan pada (29/03) ini mengusung tema “membongkar kerangka kiat, membangun Youngpreneurs Hebat”. Kegiatan ini menghadirkan dua pemateri utama yaitu: 1) Andres Excellent dan 2) Mohammad Rosyidul Haq. Webinar ini diikuti oleh sekitar 150 peserta mahasiswa kampus 3 UM.

Memahami dan menggali potensi yang dimiliki diri sendiri adalah hal yang penting sebelum memulai berwirausaha. Hal inilah yang disampaikan oleh Andres Excellent yang merupakaan alumni PGSD UM Kampus 3 tahun 2012. “Yang pertama kita harus mengenali diri kita sendiri. Setelah itu, kita terima diri kita apa adanya, jika kita melakukan sesuai dengan passion maka kita akan melakukannya dengan hati, dan jika kita melakukan dengan hati maka hasilnya akan maksimal. Setelah itu, kita harus konsisten dan tidak mudah menyerah. Dan setalah itu, kita harus terus belajar” ungkapnya.

Sementara itu Rosyidul Haq membagikan kunci memulai wirausaha bagi pemula. “Bisnis yang bagus itu bisnis yang dikerjakan, bukan yang dipikirkan. Jadi kesalahan itu guru terbesar, pasti akan mengalami terlebih dahulu. Kalau tidak ada kesalahan itu tidak ada pain, atau no pain no gain. Tidak ada kesalahan nanti kita tidak memiliki kekecewaan untuk bangkit dari kekesalahan” jelasnya.

Kedepan setelah mengikuti webinar ini, para pemateri berharap para peserta bisa menerapkannya secara langsung. “Harapan saya semoga kedepannya di Indonesia banyak pengusaha baru atau yang berminat di bidang usaha. Usaha itu mulia, karena kita menjadi jalan pekerjaan orang dan kita dapat membuka lapangan pekerjaan” ungkap Rosyidul.

Pewarta           : Arya Wahyu Pratama            — Internship Humas UM (Mahasiswa Sastra Arab)