image_pdf

Blitar. Banyak yang bilang semakin harta dibagikan makan harta itu akan semakin barokah serta mencukupi. Akan tetapi, belum banyak yang mau melakukannya karena keterbatasan waktu dan kesempatan. Meski begitu semakin banyak lembaga dan instansi yang mulai menyalurkan beberapa bagian hartanya untuk masyarakat yang membutuhkan. Tidak ketinggalan beberapa kampus yang melakukan KKN turut pula membatu menaikkan taraf hidup masyarakat dengan beberapa program unggulan yang menarik.

Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Bersama warga desa Gogodeso kec. Kanigoro Blitar mengadakan acara yang bertajuk “Berbagi di Bulan Suci”. Peserta yang hadir dalam pembagian sembako ini mencapai 100 orang. Dilaksanakan pada Selasa, 28 Mei 2019, mulai pukul 09.00-11.00 bebarengan dengan santunan warga kurang mampu. Kegiatan yang bertujuan untuk membantu warga sekitar yang membutuhkan ini memang menjadi hal yang dianjurkan oleh kampus untuk menunjukkan bahwa mahasiswa juga mengabdi di masyarakat.

Selain kegiatan berbagi di bulan Ramadhan ini KKN Tematik Gogodeso juga membersihan masjid sekitar lingkungan tempat tinggal, Membantu merumusan reinstra BUMDES Sejahtera Abadi desa Gogodeso, Melatih dan mendampingi perhitungan HPP bagi pelaku usaha UMKM. Menjalankan pelatihan pembukuan bagi pelaku usaha UMKM dan pelatihan manajemen keuangan sederhana, serta kegiatan sosialisasi dan pelatihan pembuatan olahan dari lidah buaya. Tidak lupa diadakan pula bimbingan belajar bahasa Inggris untuk anak-anak di lingkungan tempat tinggal KKN.

Choirul Anam selaku kepala desa Gogodeso menyambut gembira kegiatan yang diinisiasi KKN UM 2019 ini.

“Dalam mencari keridhoan Allah SWT di bulan yang baik ini hendaknya kita mampu mangurangi beban kebutuhan hidup warga kurang mampu Desa Gogodeso. Selain itu juga memupuk kepribadian yg baik dan suka berderma antar sesama manusia. Tidak pula tertinggal yang paling penting dari berbagi adalah menjalin dan mempererat silaturahim antara kelompok KKN Tematik UM dgn warga sekitar Gogodeso,” ujarnya.

Harapan dari masyarakat sekitar Gogodeso agar kegiatan KKN Tematik ini mampu memberikan nafas segar bagi warga desa. Sehingga tingkat penggangguran mampu dikurangi dengan meningkatnya ekonomi sekitar.

Pewarta: Nuri Riskian – Internship Humas UM