image_pdf

Malang. Selasa, 17 Desember 2019 Unversitas Negeri Malang (UM) telah memberangkatkan 340 mahasiswa mengikuti Kuliah Kerja Nyata (KKN) dan 70 diantarnya adalah KKN  tema Brantas Tuntas di wilayah Kecamatan Kepanjen. Pemberangkatkan  KKN dilakukan oleh kepala LP2M UM Prof.Dr.Markus Diantoro,M.Si. KKN Tematik Brantas Tuntas  berupakan KKN kolaborasi antar perguruan tinggi negeri se Jawa Timur  yang bekerjasama dengan pemerintah propinsi jawa timur. 

Kepala Pusat PSWKKN UM,  Dr.Agung Winarno.MM, KKN  menjelaskan bahwa tema brantas tuntas merupakan bentuk komitmen para perguruan tinggi di jawa timur dalam menjaga kelestarian, fungsi dan pemanfaatan sungai bagi kehidupan. Fokus kegiatan  KKN ini adalah penggarapan aliran sungai  mulai hulu hingga hilir dengan program utamanya menciptakan sungai bersih, lestari, hijau dan menjadikan sungai sebagai tempat kegiatan produktif termasuk di dalamnya penguatan literasi masyarakat sekitar sungai

KKN Kolaborasi brantas tuntas, UM mengabdi  wilayah sungai yang melitasi di  3 (tiga) desa yakni desa Kemiri, Desa Tegalsari dan desa Sengguruh kecamatan Kepanjen Kabupaten Malang. Sebelum pemberangkatan mahasiswa telah mendapat pembekalan tentang karakteristik KKN tematik tersebut baik menyangkut hakekat dan KKN, administrasi dan teknik penyusunan program, serta luaran kegiatan. Selama KKN mahasiswa berada di desa dengan durasi 45 hari  kerja, sekaligus bagian dari proses pembelajaran mahasiswa dalam berkehidupan riil di masyarakat.

(Kontributor : Meisa Isnaini)