image_pdf

Malang. Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) Universitas Negeri Malang (UM) selenggarakan Pembekalan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Semester Antara 2018/2019 pada Kamis-Jumat (16-17/05) di Graha Cakrawala UM. Pembekalan KKN diikuti oleh 3.345 mahasiswa yang terdiri dari berbagai fakultas yakni FIP, FIS, FE, FIK, FMIPA, FT, dan FS. Diadakannya Pembekalan KKN tersebut bertujuan untuk memberikan pemahaman dan pengetahuan kepada mahasiswa mengenai hal-hal yang harus mereka lakukan selama menjalani KKN di wilayah persebaran masing-masing. Pembekalan KKN ini dihadiri oleh Staf Ahli Menteri Bidang Teknologi dan Kesejahteraan Sosial, Wakil Rektor I UM, Kepala Pusat PSDWKKN, Ketua LP2M, dan segenap dosen UM.

Wakil Rektor I UM, Prof. Dr. Budi Eko Soetjipto, M.Ed., M.Si turut membuka acara Pembekalan KKN yang dilanjutkan dengan penyerahan secara simbolis bantuan Menteri Sosial RI untuk kegiatan kewirausahaan sosial di enam Desa Sejahtera Mandiri wilayah Kabupaten Malang oleh Prof. Dr. Syahabuddin, M.Ag.

Dalam sambutannya, Prof. Dr. Budi Eko Soetjipto, M.Ed., M.Si menyebutkan. “Kami berharap UM dapat terus bekerjasama dengan Kementrian Sosial dan kementerian yang lainnya untuk membantu mnyelesaikan berbagai permasalahan yang ada di masyarakat. UM akan memberikan kesempatan untuk mengembangkan program kewirausahaan sosial. Saya rasa ini perlu digalakkan kembali di tengah – tengah masyarakat terkait dengan penuntasan kemiskinan,” ujarnya.

Lebih lanjut, Kepala Pusat Pengembangan Sumber Daya Wilayah dan Kuliah Kerja Nyata (PSDWKKN), Dr. Agung Winarno, M.M., menjelaskan bahwa mahasiswa UM akan disebar di 170 desa di wilayah Kab. Malang dan seluruh wilayah Provinsi Jawa Timur seperti Kab. Banyuwangi, Kab.Blitar, Kab. Bondowoso, Kab. Jombang, Kab. Kediri, Kab. Lamongan, Kab. Madura, Kab. Mojokerto, Kab. Nganjuk, Kab. Pasuruan, Kab. Ponorogo, Kab. Probolinggo, Kab. Sidoarjo, Kab. Trenggalek, dan Kab. Tulungagung.

Adapun beberapa macam KKN yang dihadirkan oleh UM antara lain KKN Reguler, KKN Luar Negeri, KKN Tematik “Desa Sejahtera Mandiri”, KKN Pulang Kampung, dan KKN Kebangsaan.

Sementara itu, Prof. Dr. Syahabuddin, M.Ag., Staf Ahli Menteri Bidang Teknologi dan Kesejahteraan Sosial mengungkapkan bahwa KKN ini sejalan dengan nawacita Jokowi – JK. “KKN ini membantu nawacita Jokowi-JK dalam mewujudkan pembangunan Indonesia dari pinggir. Kami berharap selepas KKN, para mahasiswa mampu memberikan ide-ide baru beserta inisiatif yang didapatkan selama masa pengabdian,” ujarnya.

Pewarta           : Salsabila Esya Kusdianti – Internship Humas UM