image_pdf
Tim KKN UM Desa Jatirejoyoso saat menanam bibit jagung

Malang. Pandemi COVID-19 menyebabkan peluang terjadinya krisis ekonomi, sosial, hingga politik menjadi semakin meningkat. Sebagai upaya untuk membantu mengatasi krisis tersebut, Universitas Negeri Malang tetap mengadakan KKN (Kuliah Kerja Nyata) yang memang selalu diselenggarakan di setiap tahunnya, dengan tetap menerapkan protokol kesehatan disetiap kegiatan sesuai dengan panduan KKN Edisi COVID-19. Salah satu desa yang kami kunjungi berada di kecamatan kepanjen tepatnya di Desa Jatirejoyoso Kecamatan Kepanjen Kabupaten Malang, dimana mayoritas penduduknya sebagai petani.

Oleh karena itu mahasiswa peserta KKN tetap dituntut untuk membuat program-program kerja yang bertujuan untuk membantu mengatasi masalah-masalah masyarakat desa. Salah satu kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa peserta KKN UM di Desa Jatirejoyoso Kecamatan Kepanjen ialah sebagai salah satu bentuk pengabdian kepada masyarakat dengan cara mahasiswa ikut terjun secara langsung dalam membantu proses panen padi serta jagung di sektor pertanian Desa Jatirejoyoso, Kepanjen.

Mahasiswa peserta KKN UM membantu proses panen dari sektor pertanian tanaman jagung milik Pak Arifin dan sektor pertanian tanaman padi milik Pak Agus. Kedua pemilik sawah tersebut langsung membina mahasiswa KKN UM dalam proses panen. Pak Arifin dan Pak Agus membimbing dan menunjukkan setiap langkah demi langkah dalam proses panen mulai dari menentukan tanaman yang fisiologis (tua), memetik jagung dengan tangan hingga terlepas dari batangnya, memotong jerami, memisahkan butir padi dari batangnya, hingga proses pemindahan jagung dan padi ke tempat pengeringan.

Tim KKN UM Desa Jatirejoyoso saat melakukan penanaman bibit padi

Selain itu, mahasiswa KKN UM juga ikut membantu dalam proses branding dengan cara membuatkan video edukasi yang ditujukan untuk para pelajar. Branding sendiri juga merupakan salah satu upaya penting yang harus dilakukan untuk bisa memberikan identitas kepada sektor pertanian jagung dan padi yang dimiliki.

Upaya pengabdian dan Branding yang telah dilakukan oleh 15 orang mahasiswa peserta KKN UM Desa Jatirejoyoso Kepanjen dengan Dosen Pembimbing Lapangan Nandang Mufti, S.Si, M.T., Ph.D. Diharapkan dapat membantu membukakan peluang yang lebih besar untuk hasil sektor pertanian lokal milik Desa Jatirejoyoso agar dapat dikenal oleh masyarakat luas. Sehingga mampu meningkatkan perekonomian masyarakat Desa Jatirejoyoso Kecamatan Kepanjen Kabupaten Malang.

Penulis: Tim KKN UM Desa Jatirejoyoso

Dokumentasi : Tim KKN UM Desa Jatirejoyoso