image_pdf
Tim KKN UM Desa Sukopuro

Ditengah maraknya pandemi COVID-19 yang terjadi pada saat ini, tak menjadi hambatan bagi mahasiswa Ilmu Perpustakaan Universitas Negeri Malang (UM) untuk melakukan program Kuliah Kerja Nyata (KKN) sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat di lingkungan sekitar. Kegiatan KKN tersebut tetap dilaksanakan dengan memperhatikan dan menerapkan protokol kesehatan yang ketat sesuai dengan panduan KKN Edisi COVID-19 UM.

Salah satu desa yang dipilih sebagai tempat untuk dilaksanakan kegiatan KKN ini adalah Desa Sukopuro, Kecamatan Jabung, Kabupaten Malang. Desa ini memiliki sektor pariwisata dan sumber daya alam melimpah serta masyarakat yang kreatif dan inovatif dengan berbagai macam mata pencaharian yang ada. Oleh karena itu, mahasiswa peserta KKN dituntut untuk bisa membuat program kerja yang dapat mendukung dan mengembangkan potensi yang dimiliki Desa Sukopuro tersebut.

Salah satu program kerja yang dilakukan mahasiswa adalah pembuatan video profil Desa Sukopuro yang bertujuan untuk memperkenalkan kekayaan sumber daya alam dan yang dimiliki desa tersebut, baik dari sumber daya alam maupun sumber daya manusia yang ada pada Desa Sukopuro.

Kegiatan tersebut merupakan bentuk dari pengabdian mahasiswa kepada masyarakat dengan cara membangun branding dan memberikan identitas kepada berbagai macam sektor dan potensi yang dimiliki Desa Sukopuro. Selain itu mahasiswa KKN juga ikut berartisipasi untuk mengeksplorasi berbagai macam aktivitas masyarakat dalam berbagai bidang, seperti budaya, pendidikan, perekonomian, fasilitas dan pelayanan desa, hingga tempat-tempat yang berpotensi untuk dijadikan lokasi pariwisata desa. Melalui video profil desa tersebut, diharapkan masyarakat luas akan mulai mengenal potensi unik apa saja yang ada di Desa Sukopuro.

Pembuatan video profil ini sendiri memerlukan waktu 3 hari untuk pengambilan gambar dan video yang meliputi lokasi desa, luas wilayah desa, populasi masyarakat yang tinggal pada Desa Dukopuro, fasilitas yang ada di Desa Sukopuro, mata pencaharian atau profesi masyarakat desa, serta potensi pariwisata Coban Barnawi, dan mata pencaharian masyarakat dengan mengunjungi UMKM yang ada di Desa Sukopuro.Video ini diunggah pada sosial media yang dimiliki oleh Desa Sukopuro, yaitu ada Channel Youtube “KKN UM DESA SUKOPURO” dan Instagram.

Upaya pengabdian dengan pembuatan video profil dilakukan oleh sembilan anggota kelompok mahasiswa peserta dari KKN UM Desa Sukopuro. Dosen Pembimbing Lapangan KKN, Dwi Novita Ernaningsih, S.Sos, M.Hum, menyampaikan, “diharapkan pengabdian ini dapat membantu membukakan peluang yang lebih besar untuk potensi yang dimiliki Desa Sukopuro agar dapat dikenal oleh masyarakat lebih luas lagi sehingga mampu mengembangkan dan meningkatkan perekonomian masyarakat Desa Sukopuro, ujarnya.

Penulis: Tim KKN UM Desa Sukopuro