image_pdf

Thailand. Momen Hari Raya Idul Fitri merupakan momen yang paling dinanti umat muslim di belahan dunia manapun, dimana berkumpul dengan keluarga dan kerabat menjadi hal yang sangat berharga pada hari itu. Lain dengan beberapa mahasiswa UM sedang melakukan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Thailand Selatan. Karena masih dalam masa pengabdian, mahasiswa harus merasakan suasana lebaran yang jatuh pada hari Rabu (5/6) di negeri Gajah Putih tersebut.

Seperti halnya di Indonesia, rangkaian perayaan Idul Fitri diawali dengan salat Ied dan dilanjutkan dengan ramah tamah oleh seluruh mahasiswa ataupun warga Indonesia yang sedang berada di Thailand Selatan. Mahasiswa KKN UM berbondong-bondong menuju Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Konsulat Thailand yang tepatnya berada di Provinsi Songkhla. Menjadi perantau di negeri orang, tidak menyurutkan semangat mereka untuk berlebaran di hari nan fitri.

Merayakan hari raya di KBRI Konsulat Songkhla tidak jauh berbeda dengan perayaan di Indonesia. Banyaknya jamuan nusantara yang khas dan khutbah berbahasa Indonesia sudah cukup mengobati rindu para mahasiswa walaupun berlebaran di negeri orang. Selain itu memang suasana di daerah Thailand selatan ini memang tidak jauh beda dengan Indonesia.

Amami Shofiya Al Qorin, Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Arab UM menyampaikan kesannya saat pertama kali berlebaran di luar negeri.

“Pertama kali berlebaran di negeri orang kesannya senang dan pasti sedih juga, karena disini jauh dari orang tua dan kerabat pastinya rindu sekali. Namun, ada hal yang membuat saya senang, walaupun jauh dari keluarga, disini kami bisa bertemu dengan keluarga baru, seluruh warga Indonesia baik mahasiswa ataupun yang sudah bekerja di Thailand berkumpul di KBRI Konsulat Songkhla dan pastinya dengan jamuan nusantara yang sangat saya rindukan” tuturnya.

Kegiatan ini diakhiri dengan saling bermaaf-maafan dengan Pegawai Kedutaan yang ada disana dengan para mahasiswa Indonesia. Tidak lupa pula mereka foto bersama untuk mengabadikan momen berharga ini.

Pewarta : Fierda Nursitasari Amaliya – Internship Humas UM