image_pdf

Malang. Kelurahan LPDP Universitas Negeri Malang (UM) bersama Kelurahan LPDP Universitas Brawijaya (UB) dan UIN Maulana Malik Ibrahim Malang sukses melaksanakan Klinik Beasiswa LPDP 2020 pada Minggu (01/03) di Sasana Budaya UM.  Penyelenggaraan kali ini memiliki peminat yang tinggi dari berbagai kalangan yang ditandai dengan  habisnya 700 tiket dalam waktu 6 jam.

Wakil Rektor I UM Prof. Dr. Budi Eko Soetjipto, M.Ed., M.Si membuka klinik beasiswa LPDP secara resmi dan menyampaikan apresiasi yang besar kepada LPDP karena telah memberikan akses kemudahan untuk masyarakat dan berkontribusi untuk Indonesia dalam melanjutkan pendidikan. “Hal ini merupakan bentuk apresiasi terhadap LPDP karena telah memberikan kesempatan dalam melanjutkan study, karier sehingga  bisa berkontribusi untuk Indonesia” paparnya.

Klinik beasiswa dengan tema “Budaya Inovasi dan Kolaborasi untuk Menghadapi Era Disrupsi”dipilih dalam rangka menjawab tantangan ditengah ketidakpastian global saat ini.  Kegiatan ini terinspirasi untuk menyiapkan generasi yang berinovasi dan mampu berkolaborasi di era disrupsi. Generasi yang berinovasi dalam hal ini adalah generasi yang memiliki karakter produktif, kreatif, dan kompetitif yang siap menghadapi tantangan di masa depan.

Kegiatan inidikemas dalam sesi dialog interaktif dan simulasi yang meliputi seleksi administrasi, seleksi berbasis komputer (SBK), dan seleksi substansi. Diaolog interaktif dihadiri oleh beberapa narasumber seperti Tri Susilo (Sekretaris Direktur Utama LPDP), dr. Gamal Albinsaid (CEO Indonesia Medika dan 50 Most Impactful Social Innovator – Global Listing), Gadis Kartika Pratiwi, M. App. Ling (Pendiri Tuli Mendongeng/ Awardee LPDP Monash University, Australia), Lely Miftachul Khasanah, S.Pd (Koordinator Awardee Kelurahan LPDP UM), Muh. Abdi Hasanuddin S., S.T. (Koordinator Awardee Kelurahan LPDP UB) dan Muhammad Rizal Falaqi, S. Pd. (Koordinator Awardee Kelurahan UIN Maulana Malik Ibrahim).

Terdapat pelaksanaan simulasi seleksi administrasi dimana peserta diberi pengetahuan berupa tips menulis esai serta trik mendapatkan skor TOEFL sesuai persyaratan LPDP. Pada simulasi SBK, peserta dijelaskan mengenai pelaksanaan seleksi dan tipe-tipe soal SBK. Pada simulasi seleksi substansi, peserta mendapatkan gambaran tentang pelaksanaan wawancara akademik dan kebangsaan.

Klinik beasiswa juga diisi dengan Lomba Karya Tulis Ilmiah yang dijuarai oleh UIN Maulana Malik Ibrahim, Universitas Airlangga, dan Universitas Negeri Malang. Pelaksanaan lomba karya tulis dan orasi ilmiah diharapkan dapat mendorong mahasiswa untuk berperan aktif dalam publikasi ilmiah. 

Pewarta : Siti Nuradilla – Internship Humas UM

Pewarta Foto : Fakhrun Nisa – Internship Humas UM