image_pdf

MalangKontes Mobil Hemat Energi (KMHE) 2019 akan kembali digelar, kali ini Universitas Negeri Malang (UM) menjadi tuan rumah ajang bergengsi tersebut. Kegiatan yang diselenggarakan oleh Direktorat Kemahasiswaan, Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Belmawa), Kementrian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia dengan UM ini akan diselenggarakan pada tanggal 24-28 September 2019. Hal tersebut dipaparkan oleh Wakil Rektor III UM, Dr. Mu’arifin, M.Pd., pada konfrensi pers terkait penilaian tahap I KMHE oleh Belmawa dan juri KMHE, Sabtu (27/07). Konfrensi pers yang bertempat di Ruang Rapat Kepala BAKPIK Lt. II Graha Rektorat UM ini dihadiri oleh pihak tuan rumah KMHE 2019, juri, Belmawa serta rekan-rekan media.

Salah satu alasan UM ditunjuk sebagai tuan rumah KMHE 2019 dikarenakan prestasi UM yang meraih medali emas pada KMHE 2018 di Universitas Negeri Padang pada kategori Prototype mobil hemat energi berbahan bakar etanol. KMHE 2019 kali ini mengangkat tema “Utas Awij untuk Alam”, yang mana pada tema ini terdapat unsur khas Kota Malang, yakni bahasa malangan. KMHE 2019 diikuti oleh 112 tim yang setiap timnya beranggotakan 7 orang. Pada tahap I ini akan dipilih 80 tim yang akan bertanding pada September mendatang. Sirkuit yang akan dijadikan tempat berlaga mobil hemat energi tersebut berada di Jl. Jakarta, Kota Malang.

Dr. Mu’arifin, M.Pd., menjelaskan bahwa penempatan sirkuit KMHE yang berada di Jl. Jakarta sudah sesuai dengan persyaratan sirkuit yang telah ditentukan oleh dewan ahli dan dewan juri KMHE 2019. Beliau juga menambahkan bahwa sirkuit KMHE 2019 ini berbeda dengan tahun sebelumnya dikarenakan pada tahun sebelumnya KMHE diadakan di stadion ataupun halaman tempat pariwisata.   

Wakil Rektor III UM, Dr. Mu’arifin, M.Pd., menjelaskan tujuan diadakannya KMHE adalah “Tujuan KMHE ini untuk memberikan wadah bagi mahasiswa teknik seluruh Indonesia untuk mengaplikasikan ilmu pengetahuan yang didapat dari bangku kuliah serta meningkatkan kreatifitas, disiplin, dan kemampuan soft skill dan hard skill”, jelasnya. Beliau juga menambahkan KMHE ini diharapkan akan memberikan alternatif solusi bagi masalah energi nasional saat ini.

Pewarta           : Salsabila Indana Zulfa – Internship Humas UM