image_pdf

Malang – Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang (FIP UM) berhasil menggelar seminar Parenting dengan topik “Peran Keluarga dalam Mengembangkan Pola Asuh Pada Anak Usia Dini dengan Berbasis Gender” pada Hari Sabtu (20/11) pukul 08.30 WIB di Ruang Aula Taman Kanak-kanak Laboratorium UM (TK Lab UM). Adapun tamu terundang pada acara ini yaitu kisaran 15 – 20 wali dan dimeriahkan oleh Siti Mazhar Khuzaimah Effendi, S.Ag. selaku pengisi sekaligus pembicara acara tersebut. 

Pramono, S.Pd, M.Or sebagai ketua dalam pelaksanaan acara seminar mengatakan bahwa selain bertujuan untuk keberhasilan penelitiannya yang beranggotakan Dr. Ellyn Sugeng D, S.Pd, M.Pd., dr. Sendhi Tristanti P, M.Kes., Retno Tri Wulandari, S.Pd., M.Pd., seminar tersebut memiliki faktor pendorong bahwa selama ini masyarakat masih banyak yang belum memiliki kesadaran akan kesetaraan gender. Hal ini demikian berangkat dari ditemukannya beberapa kasus dimana anak-anak masih membeda-bedakan aturan bermain berdasarkan gender. 

“Misalnya saja, anak perempuan ‘kan kadang kalau bermain layang-layang atau bermain sepak bola ‘kan kadang hal yang tabu biasanya… Nah, ini sekarang ini coba anak perempuan boleh main sepak bola, bermain laying-layang,” ucap seorang dosen program studi Pendidikan Guru PAUD (PG PAUD) tersebut. “

Selain anggota yang telah disebutkan sebelumnya, penelitian yang menghasilkan seminar ini juga memiliki beberapa kolaborator, diantaranya terdapat dua mahasiswa aktif UM dari FIP UM jurusan PG PAUD, Mu’alfani Arsana Putri dan Fabiola Widyaputri. 

Sementara suasana seminar begitu meriah dan segar berkat kepandaian sang narasumber, Siti Mazhar Khuzaimah Effendi, S.Ag., mampu membawa suasana acara supaya tidak terlalu membosankan. Beberapa kali terdapat interaksi aktif antara audiensi dengan pembicara.

Pramono mengutarakan harapannya bahwa supaya dengan digelarnya seminar parenting ini dapat menghilangkan stereotip masyarakat terkait pembedaan gender sehingga hal ini sekaligus menjadi solusi terciptanya generasi bangsa yang memiliki kebebasan dalam mengekspresikan minat dan bakatnya kelak.

Pewarta: Afica Dela Vega – Internship Humas UM