image_pdf

UKM Himpunan Mahasiswa Penggemar Fotografi (HIMAFO) Universitas Negeri Malang (UM) berkolaborasi dengan Kolab SocialPlace sukses menyelenggarakan pameran fotografi pada Jumat-Minggu (15-17/7/2022). Diselenggarakan secara luring, pameran tersebut terdiri dari serangkaian acara meliputi pameran fotografi, live mural, dan sharing session terkait fotografi dan seni mural. Membawakan tema “Paranoia”, tujuan terselenggaranya pameran tersebut untuk mengkolaborasikan hal-hal yang tidak biasa dikolaborasikan. Kolaborasi antara fotografi dengan mural contohnya. 

Hal itu selaras dengan penyampaian Himmatin Amalia Isyrofi selaku ketua pelaksana acara. “Kami ingin memberikan inovasi baru sehingga kami mengkolaborasikan antara fotografi dengan mural. Selain itu, terselenggaranya acara ini dalam rangka mengembangkan kemampuan fotografi dari anggota HIMAFO. Tidak hanya memotret seperti biasa namun memberikan tantangan untuk memikirkan konsep memotret yang bisa dikolaborasikan dengan mural,” jelasnya.

Sebanyak 28 karya fotografi dipamerkan dalam kegiatan ini. Foto-foto yang dipamerkan menyesuaikan subtema acara yaitu “Positively for Street” yakni berlatar belakang keresahan mural yang dianggap negatif oleh masyarakat. Mural yang identik dengan seni jalanan akan dikolaborasikan dengan fotografi sehingga menghasilkan fotografi genre street.

“Dengan adanya acara ini kami berharap mural bisa dipandang lebih baik lagi. Selain itu, fotografi street tidak dianggap lagi sebagai fotografi yang mengganggu masyarakat sehingga acara ini ditujukan untuk masyarakat umum. Tidak hanya masyarakat saja, tetapi acara ini menyasar mahasiswa baru UM sebagai sarana untuk memperkenalkan HIMAFO kepada mahasiswa baru,” ungkap Himmatin Amalia Isyrofi.

Ketua pelaksana juga berharap bahwa adanya pameran ini dapat menjadi wadah untuk anggota HIMAFO agar dapat meningkatkan kemampuan dan semangat untuk berburu objek foto, tidak takut mengekspresikan ide, dan berani mengambil foto-foto yang mungkin dianggap orang lain remeh padahal sebenarnya karya tersebut memiliki nilai potensial. 

Pewarta: Novita Eka Andriyana – Internship Humas UM