image_pdf

Malang. Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Universitas Negeri Malang (UM) tahun ini menjadi tuan rumah Konferensi Forum Ilmu Pendidikan- Jurusan Ilmu Pendidikan (FIP JIP) yang ke 5.  Konferensi kali ini memiliki perbedaan dengan konferensi sebelumnya, selain mengadakan konferensi internasional, juga dilaksanakan Panca Lomba yang diikuti oleh mahasiswa dari 12 LPTK di Indonesia, yang terdiri dari lomba Artikel Ilmiah dan Gagasan Tertulis (AI-GT), Inovasi Pembelajaran (INOBEL), Karya Tulis Ilmiah (KTI) Bidang Pendidikan,Website Ormawa, dan Kreasi Seni.

Panca lomba ini diikuti oleh 15 tim finalis, 12 LPTK, 92 orang mahasiswa yang berlangsung pada tanggal 2 Oktober 2019 di Gedung Kuliah Bersama Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Universitas Negeri Malang (UM). Rangkaian acara FIP-JIP yang lain yaitu ICET (International on Conference of Educational and Technology) yang berlangsung pada tanggal 3 Oktober 2019 di Kertanegara Hall,The Singhasari Resort – Batu. Seluruh naskah yang masuk pada seminar internasional ini berjumlah 230 artikel, dikuti oleh 848 orang peserta yang berasal dari 28 perguruan tinggi dan dari 9 negara.  

Semua naskah akan disikusikan dengan para pakar dan reviewer yang berasal dari berbagai negara untuk mampu menembus pada lima penerbit jurnal ilmiah antara lain Jurnal IJICC (Scopus), Jurnal Ijiet (scopos), Jurnal IJKL (Scopus),  IEEE Explore (Scopus), dan Atlantis press. Pembukaan ICET  dihadiri oleh Direktur Jendral Pembelajaran dan Kemahasiswaan Prof. Dr. Ismunandar, Staf Khusus Bidang Manajemen Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Hamid Muhammad, M. Sc. Ph. D., Walikota Batu Dra .Dewanti Rumpoko, M.Si;

Dekan FIP UM, Prof. Dr. Bambang Budi Wiyono, M.Pd, melaporkan tentang kegiatan ini jumlah dan sebaran geografis perserta, rangkaian acara, dan tujuan kegiatan yang diinisiasi oleh FIP-JIP ini.

“Tujuan dari FIP-JIP ini adalah sebagai rangkaian kegiatan dua tahunan untuk bisa menguatkan sisi ilmu pendidikan dan peran dalam pengembangan masyarakat serta pembangunan bangsa. Serta menguatkan silaturohim kerjasama untuk meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia “, ujarnya.

Sementara itu Prof. Ismunandar yang mewakili Menristek Dikti, menyampaikan “Pertemuan-pertemuan para pimpinan fakultas, jurusan dan prodi ini terlebih di bidang pendidikan ini adalah sesuatu yang penting dan kita anggap starategis, apalagi tema yang diusung adalah bagaimana kita semua melakukan reorientasi terhadap tantangan-tantangan baru yang kita semua sudah ada di dalamnya.”

Sebagai tuan rumah sekaligus Rektor UM Prof. Rofi’uddin menyampaikan pesannya agar tidak berhenti hanya pada sampai publikasi ilmiah namun bisa diterapkan dalam pengembangan pendididikan.

“Kalau hanya kumpulan makalah dan hanya sampai di jurnal scopus dan seterusnya. itu belum selesai. Tapi kita harus bisa mengubah bagai mana pembelajaran pada anak didik kita secara keseluruhan menjadi lebih baik di masa yang akan datang. Bahwa kita tidak cukup hanya menyampaikan konseptual teoritik saja, tetapi tuntutan untuk bisa mengimplementasikan apa yang kita hasilkan, itulah yang ditunggu oleh bangsa ini”harapnya.

Usai pemukulan gong oleh Rektor sebagai pertanda resmi pelaksanaan seminar internasional acara dilanjutkan dengan pengumuman pemenang panca lomba. Adapun para jawara tersebut antara lain

Lomba Website Ormawa, Juara 1 diraih oleh Universitas Pendidikan Ganesha, Juara 2 niversitas Negeri Surabaya, Juara 3 Universitas Negeri Jakarta. 

Lomba Kreasi Seni, Juara 1 dari Undiksa, juara 2 diraih oleh tim Universitas Negeri Padang, dan juara 3 diraih oleh tim Universitas Negeri Makassar.

Lomba Inovasi Pembelajaran (INOBEL), Juara 1 diraih oleh Universitas Pendidikan Indonesia, Juara 2 Universitas Negeri Yogyakarta , Juara 3 dairaih Universitas Negeri Medan

Lomba Karya Tulis Ilmiah (KTI) Bidang Pendidikan, Juara I Universitas Negeri Jakarta, Juara II: Universitas Pendidikan Ganesha, Juara III adalah Universitas Negeri Malang.

Lomba Artikel Ilmiah dan Gagasan Tertulis (AI-GT) , Juara I: Universitas Negeri Yogyakarta  , Juara II: Universitas Negeri Malang. , Juara III adalah Universitas Pendidikan Ganesha .

Penulis: Ony H/Joko W.
Foto: Joko W.
Editor: Kautsar S.