image_pdf

Universitas Negeri Malang (UM) menggelar Konferensi Pers Pemilihan Rektor UM periode 2022-2027 pada Kamis (21/7/2022) di Ruang Aula B9 Graha Rektorat lantai 9. Diselenggarakannya konferensi pers bertujuan untuk mengumumkan dan menyosialisasikan terkait Pemilihan Rektor (Pilrek) UM yang sudah resmi dibuka. Pendaftaran bakal calon rektor akan dimulai pada tanggal 25 Juli hingga 12 Agustus 2022 mendatang.

Prof. Dr. H. Sukowiyono, S.H., M.Hum., selaku ketua panitia Pilrek UM  menyampaikan bahwa Pemilihan Rektor UM 2022 ini merupakan suatu tahapan penting dalam melaksanakan amanat Peraturan Pemerintah (PP) nomor 115 tahun 2021. Kali ini mekanisme pemilihan berbeda dengan tahun sebelumnya mengingat status UM berubah menjadi PTN BH.

“Pilrek tahun ini adalah pertama kali sejak UM ditetapkan menjadi PTN-BH. Dahulu senat mempunyai peran yang amat besar. Namun sekarang Majelis Wali Amanat (MWA) yang memiliki peranan besar dimana di dalam anggotanya juga tergabung Mendikbudristek,” jelas Prof. Dr. H. Sukowiyono yang didampingi oleh Dr. Ahmad Munjin Nasih, S.Pd., M.Ag., selaku sekretaris panitia Pilrek UM

Ditambahkan pula bahwa Pilrek UM akan dibuka untuk masyarakat luas sehingga dosen UM maupun luar UM bisa mendaftar. Persyaratan calon Rektor UM dituangkan dalam pasal 2 peraturan MWA UM nomor 8 tahun 2022 dimana dapat diakses di website khusus. Selain itu, nantinya akan diselenggarakan penyampaian visi dan misi dari calon Rektor dalam sidang khusus senat akademik UM.

Mengusung tema “Menguatkan Institusi Membangun Negeri”, pemilihan tema Pilrek kali mempertimbangkan perubahan status kelembagaan UM menjadi PTNBH. Disampaikan oleh ketua panitia Pilrek, UM akan berkonsekuensi terhadap cara pandang dan pola pengelolaan kelembagaan kampus yang lebih otonom. Selain itu, UM memiliki keleluasaan untuk terus meningkatkan kualitas dan kuantitas dalam rangka bersaing di era global. Hal ini dilakukan UM untuk berkontribusi dalam pembangunan negeri melalui sektor pendidikan.

“Dengan demikian, UM diharapkan dapat menyelenggarakan pendidikan tinggi yang memiliki daya saing tidak hanya berskala nasional tetapi juga internasional untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat. Saya yakin Rektor yang terpilih nantinya akan bisa memajukan UM untuk ke depannya,” ungkap Prof. Dr. H. Sukowiyono, S.H., M.Hum.

Pewarta: Novita Eka Andriyana – Internship Humas UM