image_pdf

Departemen Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Negeri Malang (UM) sukses menyelenggarakan kuliah tamu pada Rabu (22/06/2022). Acara terselenggara secara luring di Gedung B24, 302, Aula Departemen Matematika. Bertajuk “Riset Terkini di Bidang Matematika dan Pendidikan Matematika” acara ini mendatangkan narasumber seorang dosen matematika dari Institut Teknologi Bandung (ITB) yakni Dr. Nuning Nuraini, S.Si, M.Si. 

Mochammad Hafizh, S.Pd., M.Si., Ph.D selaku moderator pada kuliah tamu itu mengungkapkan bahwa antusiasme mahasiswa sangat besar. “Acara terselenggara secara mendadak, tetapi mahasiswa antusiasnya sangat besar. Kuliah tamu ini dihadiri oleh mahasiswa S1, S2, dan S3 dari Prodi Matematika dan Pendidikan Matematika UM,” ungkapnya. 

Kuliah tamu ini merupakan acara rutin yang diadakan oleh Departemen Matematika dimana materi beserta topiknya disesuaikan oleh departemen termasuk pemilihan narasumber. Terkait topik prospektif pemodelan matematika dalam sains, Dr. Nuning Nuraini, S.Si., M.Si., menyampaikan mata kuliah pemodelan mempelajari fenomena yang real. Dr. Nuning Nuraini melanjutkan, modelling process kuncinya adalah menemukan pertanyaan yang akan dijawab kemudian mendeskripsikan permasalahan tersebut. Proses selanjutnya adalah menentukan asumsi yang paling mudah untuk menjawab pertanyaan tersebut, dan tahap abstraksi inilah yang susah sehingga diperlukan kolaborasi dan analisa yang tepat. 

Narasumber pada kuliah tamu ini mengaku mata kuliah pemodelan ini sempat mendapatkan kritikan karena dinilai tidak presisi. Namun, pada pemodelan matematika ini mahasiswa akan mendapatkan pengalaman untuk kerja sama dan meningkatkan soft skill

“Yang diuji adalah kekompakan tim, proses mempresentasikan bentuk pemodelan dan hasil yang diperoleh, serta mengabstraksi dari permasalahan yang diangkat. Proses abstraksi inilah yang paling berat. Walaupun mata kuliah ini masih agak diperdebatkan, namun dari sisi mahasiswa banyak menyatakan bahwa mata kuliah pemodelan ini menyenangkan. Mahasiswa yang telah menempuh mata kuliah ini menyadari ternyata matematika ada gunanya ketika mengerjakan problem pemodelan,” jelas Dr. Nuning Nuraini, S.Si., M.Si.

Di penghujung acara, terdapat sesi tanya jawab secara interaktif. Bukan hanya mahasiswa saja, beberapa dosen juga antusias mengajukan pertanyaan dan memberikan kesan dari adanya kuliah umum ini.

“Apa yang disajikan sangat menginspirasi dan mengajarkan presisi dari model apa yang diajarkan. Selain itu juga mengajarkan bagaimana proses memodelkan suatu permasalahan dan proses itu terjadi. Jadi suatu proses itu yang nampaknya ditekankan dalam mata kuliah ini,” ungkap salah satu dosen yang menghadiri tamu kuliah tersebut.

Pewarta: Novita Eka Andriyana – Internship Humas UM