image_pdf

Malang. Sebagai The Learning University, Universitas Negeri Malang (UM) terus berupaya untuk meningkatkan kualitas pendidikan dalam berbagai bidang. Salah satunya adalah diselenggarakannya Kuliah tamu di Jurusan Kimia mengenai pendidikan dengan tema “Discipline Based Educational Research (DBER) for Chemistry Education in Turkey”. Narasumber dalam kuliah tamu tersebut adalah seorang professor dari Attatur University Turkey, yaitu Prof. Dr. Mustafa Sozbilir. Kegiatan ini dilaksanakan pada Senin (22/07) di Gedung O1 FMIPA UM.

Dr. Sumari, M.Si, ketua Jurusan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) UM membuka kegiatan tersebut. Ia menjelaskan bahwa UM khususnya di jurusan Kimia memang sedang gencar meningkatkan kualitas pendidikan dan penelitian. Sehingga kerap mengadakan forum nasional bahkan internasional untuk mencapai tujuan tersebut.

“Melalui kuliah tamu ini, diharapkan tidak hanya dosen tetapi juga mahasiswa dapat mengikuti dengan baik sehingga bisa menjadi tambahan ilmu untuk meningkatkan kualitas penelitian dan pendidikan di UM. Kemudian pengetahuan tersebut bisa diaplikasikan dalam bentuk publikasi ilmiah di kancah nasional maupun internasional,” ujarnya.

Discipline Based Educational Research (DBER) yang dimaksud Prof. Dr. Mustafa Sozbilir adalah kemampuan dasar yang seharusnya dimiliki oleh seorang pendidik, khususnya pendidik mata pelajaran Kimia. DBER memiliki tiga cabang yang seluruhnya wajib dimiliki pendidik, yaitu 1) Ilmu kimia (Disciplinary Sciece Content) yang akan diajarkan kepada pelajar, meski ini merupakan hal yang paling penting, tetapi itu tidak akan cukup jika tidak memiliki dua poin selanjutnya. 2) Kemampuan mengajar (Advancing Teaching and Learning) yang bagus sehingga bisa diterima dan difahami dengan baik oleh pelajar. 3) Kemampuan untuk mengerti sosial pelajar (Social Science Methods), hal ini akan memudahkan pendidik memberikan metode pembelajaran yang cocok kepada pelajar.

“Penelitian pendidika Kimia membutuhkan unsur-unsur dari teori belajar manusia bersama-sama dengan konten Kimia khusus untuk memfasilitasi pembelajaran,” tambahnya.

Pewarta           : Ulya Aziza Fitriya – Internship Humas UM

Editor              : Nuri Riskian – Internship Humas UM