image_pdf

Malang. Prestasi membanggakan kembali diraih oleh tim dari Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Resimen Mahasiswa (Menwa) satuan 805 “Wira Cendekia” Universitas Negeri Malang (UM). Dua tim yang terdiri dari Arif Miftachuludin dan Prayoga Maulana sebagai Tim A serta Fahmi Aji dan M.Ridwan sebagai Tim B sukses memborong penghargaan di kegiatan Latihan Integrasi Pemuda Nusantara “Ksatria Cendekia” 2019 di Universitas Negeri Jakarta (UNJ) pada (22-26/7). Ditemani seorang official yakni Ahmad Wachid Nurlatif, Menwa 805 sukses meraih juara 1 lomba menembak (Tim A), juara 1 lomba napak tilas (Tim B), juara umum piala pangdam Jayakarta dan berhasil membawa pulang piala bergilir Komandan Komando Nasional Resimen Mahasiswa (Dankonas Menwa).

Meskipun tahun lalu sudah menyandang gelar juara, Menwa UM tidak goyah dan terus berlatih. Terdapat perbedaaan perlombaan yang diselenggarakan UNJ dari tahun sebelumnya yakni di tahun ini dalam satu tim ada dua orang dan bebas jenis kelamin. Pada tahun ini juga jumlah peserta yang berpartisipasi dua kali lipat dari tahun sebelumnya yakni ada 27 tim dengan jumlah peserta sebanyak 54 orang. Ada peserta yang berasal dari satuan luar Jawa yang memiliki fisik lebih kuat dan menjadi tantangan bagi tim Menwa UM. Maka dari itu tim Menwa UM terus berlatih dan memerlukan persiapan yang matang.

Sebagaimana yang diutarakan oleh Wachid bahwa Menwa UM lebih siap daripada tahun lalu. Hal tersebut karena tim Menwa UM memiliki waktu lebih banyak untuk berlatih sebelum berangkat tanding lomba. Latihan tersebut berjalan seminggu tiga kali dan berlangsung selama dua minggu menjelang perlombaan. Pentingnya tim Menwa UM menyiapkan mental “Yang terpenting ketika bertanding adalah mental yang kuat dan memiliki mental juara,” tegasnya.

Banyaknya jenis perlombaan yang diikuti oleh tim Menwa UM dirasa sangat seru dan menantang dan menjadikan kesenangan tersendiri. “Lomba ini bagus untuk diadakan secara menyeluruh oleh Menwa di Indonesia. Jika tahun ini diikuti oeh 9 provinsi, maka tahun depan harus bisa lebih dan bertambah. Adanya kegiatan perlomban tersebut dapat menjadikan Menwa diberbagai daerah untuk bersatu, meningkatkan semangat juang anggota Menwa, melatih kekompakan, tentunya juga menambah ilmu pengetahuan dan pengalaman.” pesan Wachid.

Pewarta           : Riska Febrianti – Internship Humas UM