image_pdf

Malang. Universitas Negeri Malang (UM) melaksanakan kunjungan kedinasan ke Dinas Pendidikan Kabupaten Blitar, Dinas Pendidikan Kota Blitar, serta Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kota Tulungagung pada Kamis (31/03). Tujuan kunjungan ini yakni untuk koordinasi dan penyampaian informasi pembukaan perkuliahan program Magister dan Doktor Universitas Negeri Malang di Kampus III Kota Blitar. Kunjungan diikuti oleh Prof. Dr. Suyono, M.Pd., selaku Direktur Akademik UM, Agus Purnomo, S.Pd, M.Pd., selaku Kasubdit Seleksi, Mobilitas Mahasiswa MBKM UM, Dr.Ahmad, S.Pd, M.Pd selaku Dosen Program Studi Pendidikan Luar Sekolah FIP UM, dan Budiharto, S.Pd selaku staf Humas UM.

Dalam sambutannya, Prof. Suyono menyampaikan tujuan kunjungan kedinasan ini yang tak lain adalah penyampaian informasi pembukaan program magister dan doktor di UM Kampus III Kota Blitar. “UM per tanggal  25 November 2021 telah berubah status dari PTN-BLU menjadi PTN-BH. Jadi ada 16 PTN-BH saat ini yang ada di Indonesia dan Universitas Negeri termasuk salah satunya. Kemudian salah satu ciri PTN-BH adalah adanya kekuasaan mengelola perguruan tinggi baik dalam pengelolaan akademik maupun non akademik. Dengan perubahan status itu, harapannya kami dapat memperluas akses masyarakat untuk bisa mengikuti pendidikan, sehingga mulai jenjang D4, S1, S2, S3 harapannya jumlahnya semakin banyak yang masuk Perguruan Tinggi,” ujar Prof. Suyono. 

“Seperti yang kita ketahui bahwa di Blitar ada kampus III UM, sehingga sangat tepat untuk kami berkunjung ke Blitar dengan harapan masyarakat di Blitar dan sekitarnya ini semakin tahu tentang UM sebagai PTNBH. Khusus untuk program S2 dan S3 rencananya akan dibuka di Kampus III dengan jumlah 15 program studi di S2 dan 3 program studi di S3. Hal ini tidak menutup kemungkinan akan adanya penambahan-penambahan program studi lagi yang lebih banyak kedepannya di kampus III. Semoga bapak dan ibu guru serta masyarakat Blitar dan sekitarnya ini dapat kuliah lagi ke jenjang yang lebih lanjut tanpa mengkhawatirkan menempuh jarak yang terlalu jauh sebab UM Kampus III ini letaknya di Kota Blitar sendiri,” pungkas beliau.

Adapun daftar program studi magister dan doktor yang akan dibuka di Kampus III yaitu S2 Teknologi Pembelajaran, S2 Pendidikan Luar Sekolah, S2 Pendidikan Anak Usia Dini, S2 Pendidikan Matematika, S2 Pendidikan Fisika, S2 Pendidikan Kimia, S2 Pendidikan Biologi, S2 Teknik Mesin, S2 Teknik Sipil, S2 Teknik Elektro, S2 Teknik Kejuruan, S2 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, S2 Pendidikan Geografi, S2 Pendidikan Sejarah, S2 Pendidikan Dasar, S3 Pendidikan Luar Sekolah, S3 Pendidikan Kejuruan, dan S3 Pendidikan Geografi.

Pewarta: Malichatus Sa’diyah (Internship Humas UM)

Editor : Nike V. Yuarko