image_pdf

Universitas Negeri Malang (UM) menerima tamu istimewa untuk berbagi ilmu dan pengalaman. Tamu studi banding kali ini dari Universitas Negeri Surabaya (Unesa) dengan tujuan menggali informasi seputar persiapan menjadi Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum (PTN-BH). Kegiatan ini dilaksanakan secara luring di Aula lt 9 Graha Rektorat pada Rabu (07/09/2022). Acara ini dihadiri oleh Rektor, para Wakil Rektor, para Ketua Lembaga, para Dekan dan Tim Percepatan PTN-BH UM. sedangkan dari Unesa hadir Rektor, para Wakil Rektor, Para Dekan dan beberapa anggota tim yang terlibat.

Dalam sambutannya, Rektor UM, Prof. Dr. AH. Rofi`uddin, M.Pd., mengatakan bahwa untuk menjadi PTN-BH kita harus menyiapkan mindset yang matang dan kokoh untuk langkah apa yang harus dilakukan setelah itu. “Menjadi PTN-BH memang sebuah pencapaian yang luar bias karena di Indonesia masih terbatas jumlahnya. Namun perlu diingat, tantangan setelah menjadi PTN-BH juga sangat banyak, jadi harus disiapkan mindsetnya untuk semua sivitas. Kita yang dulunya diberi bantuan, sekarang harus mandiri untuk mengembangkan bisnis sendiri demi kelancaran kegiatan dengan tanpa menaikkan UKT mahasiswa,” jelas Rektor UM.

“Selain itu kita juga harus melakukan penyesuaian dalam banyak hal, mulai dari perubahan nama lembaga hingga pengembangan akademik. Kami melakukan banyak akreditasi internasional untuk semua prodi yang ada di UM. Kami juga mengembalikan program Magister dan Doktor ke fakultas masing-masing, agar sistem pengajaran dan kurikulumnya bisa dimonitor lebih intensif,” tambah Prof. Dr. AH. Rofi`uddin, M.Pd.

Dalam kesempatan yang sama, Rektor Unesa, Prof. Dr. Nurhasan, M.Kes., menyampaikan rasa terima kasihnya dan tujuan kedatangannya ke UM. “Terima kasih saya sampaikan atas sambutan hangatnya UM kepada kami. Kami disini ingin berguru untuk mengetahui bagaimana tips dan trik untuk meraih status PTN-BH dan prestasi yang lain. Karena sebenarnya UM dan Unesa ini masih saudara dengan sejarah yang sama,” ujarnya. 

Acara dilanjutkan dengan diskusi dan tanya jawab secara mendetail tentang struktur UM, bisnis yang dikembangkan dan tips lain untuk menjadi PTN-BH. Diskusi berlangsung selama 2 jam dan diakhiri dengan foto bersama dan penyerahan cinderamata untuk kedua belah pihak.

Pewarta: Luthfi Maulida Rochmah – Internship Humas UM.