image_pdf
Kegiatan Latihan Keterampilan dan Manajemen Mahasiswa Tingkat Lanjut (LKMM-TM) pada tanggal 25-27 Juli 2022, di Lecture Hall Lantai 9 Gedung Kuliah Bersama (GKB) A20

Universitas Negeri Malang (UM) sukses selenggarakan kegiatan Latihan Keterampilan dan Manajemen Mahasiswa Tingkat Lanjut (LKMM-TM) pada tanggal 25-27 Juli 2022. Kegiatan yang dilaksanakan secara luring di Lecture Hall Lantai 9 Gedung Kuliah Bersama (GKB) A20 ini memiliki latar belakang meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam kepemimpinan dan manajemen organisasi. LKMM-TM dihadiri oleh puluhan mahasiswa perwakilan organisasi mahasiswa (ormawa) masing-masing, baik ormawa tingkat fakultas maupun universitas. 

Ketua Tim Pengembang Kemahasiswaan UM, Dr. Sunaryono, S.Pd., M.Si., memaparkan tentang latar belakang serta tujuan diadakannya kegiatan LKMM-TM. Di mana tujuannya melatih keterampilan mahasiswa agar dapat terjun langsung nantinya ke masyarakat sebagai pemimpin masa depan.

“Tujuannya kegiatan ini untuk melatih keterampilan mahasiswa untuk mengatur organisasi karena sebenarnya mahasiswa ini adalah calon-calon pemimpin masa depan. Jadi mereka dilatih baik soft skill maupun hard skill-nya, serta dilatih untuk peka terhadap permasalahan organisasi yang ada. Apakah permasalahan tersebut dari faktor internal atau eksternal, apakah hal tersebut mempengaruhi kinerja organisasi atau tidak, apakah hal tersebut termasuk masalah organisasi, dan bagaimanakah solusi untuk permasalahan tersebut. Di sini mahasiswa dilatih hal-hal seperti itu agar ketika mereka terjun di masyarakat, dia tidak canggung lagi ketika didapuk menjadi pemimpin. Karena keterampilan-keterampilan dasarnya sudah diproses melalui kegiatan seperti ini,” ujar Dr. Sunaryono.

Pihak Kemahasiswaan UM menggaet sejumlah 9  instansi untuk bekerja sama dalam kegiatan LKMM-TM, di mana peserta terjun langsung meneliti instansi tersebut dalam agenda kunjungan lapangan. Kesembilan Instansi tersebut adalah Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Malang, Bea dan Cukai Malang, PT. Indira Karya, Kecamatan Klojen, Kelurahan Oro-Oro Dowo, Kelurahan Gadingkasri, SMA Negeri 8 Malang, SMK Negeri 32 Malang, dan SMK Negeri 3 Malang.

“Semoga acara ini terus terlaksana dan kualitasnya terus meningkat agar manfaatnya dapat dirasakan langsung. Selain itu agar mahasiswa bisa peka terhadap sekitar, tidak selalu mementingkan egonya, dan mahasiswa pintar mengatur dirinya sendiri maupun organisasinya. Harapannya juga mahasiswa dapat terus aktif berorganisasi tanpa melupakan prestasi. Sebab terkadang mahasiswa lupa untuk mengatur hal demikian, saking getolnya berorganisasi mereka sampai lupa prestasi,” ungkap beliau perihal kegiatan LKMM-TM ini. 

Pewarta: Malichatus Sa’diyah – Internship Humas UM