image_pdf

Malang. Pascasarjana Universitas Negeri Malang (UM) menyambut hari rabu pagi dengan penuh kegembiraan, pasalnya tepat pada hari tersebut Pascasarjana UM menyelenggarakan Seminar Nasional dengan tema “Digitalisasi UMKM Dalam Era Revolusi Industri 4.0”, sekaligus Launching Program Doktor Ilmu Manajemen di Gedung Sasana Budaya UM (27/03). Kepala Dinas Koperasi Dan UKM Provinsi Jawa Timur (Jatim), Dr. Mas Purnomo Hadi, M.M dalam kesempatannya menyampaikan bahwa pemerintah provinsi Jatim bersama UM akan mengagendakan kegiatan pendampingan kepada mahasiswa, hal tersebut dilakukan agar ketika lulus mereka menjadi tenaga kerja yang profesional, menjadi lulusan yang menciptakan lapangan kerja bukan mencari lapangan kerja.

Keberadaan program-program yang ada di perguruan tinggi sangat dibutuhkan oleh masyarakat, khususnya para pemuda. Untuk mengatasi permasalahan kemiskinan dan pengangguran tidak bisa dikerjakan oleh pemerintah saja, akan tetapi harus bersinergi dengan lembaga-lembaga lain, khususnya lembaga pendidikan.

“Maka melalui UM, kami akan berusaha untuk fokus dalam pendampingan kepada mahasiswa S-1, S-2, maupun S-3 agar mereka betul-betul menjadi pengusaha”, ucapnya.

Wakil Rektor I UM, Prof. Dr. Budi Eko Soetjipto, M.Ed., M.Si. melalui sambutannya memberikan gambaran terkait program doktor ilmu manajemen yang diintegrasikan dengan perkembangan teknologi saat ini. Proses integrasi yang dimaksudkan adalah bagaimana rumus – rumus dalam ilmu manajemen yang sudah ada sejak lama dapat diterapkan secara praktis dan sesuai di era revolusi industri 4.0 saat ini. Selain hal tersebut,

WR I UM mengharapkan matakuliah yang ada juga selalu diintegrasikan dengan kemajuan revolusi industri 4.0. Menurutnya, UM harus memiliki jati diri yang berbeda, yang unik agar tidak sama dengan program doktor ilmu manajemen di Unair, UB, atau lembaga pendidikan lainnya. Oleh sebab itu, perlu adanya strategi yang sesuai dengan STP (SegementingTargeting, dan Positioning)

“Kita ingin berbeda dengan partner atau kompetitor yang juga menyelenggarakan program tersebut. Saya meminta disini ada sesuatu yang unik, khususnya yang memanfaatkan teknologi. Seperti e-commerse, e-bussiness, e-marketing, dll.” paparnya.

Pewarta: Muhammad Nurrizal Zabawi – Internship Humas UM