image_pdf

Malang. Kabar menggembirakan kembali datang dari mahasiswa Universitas Negeri Malang (UM). Sabtu (16/03), prestasi membanggakan diraih oleh Yuli Puspitasari,  Mahasiswa Jurusan Manajemen angkatan 2017 dan Firmansah Dwi Ardhiyanto, Mahasiswa Teknik Mesin angkatan 2017. Keduanya meraih juara dua Bussines Plan Competition atau Kompetisi Rencana Bisnis se-Regional Malang yang diadakan oleh Koperasi Padang Bulan Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim (KOPMA PB UINMA)  Malang.

Kompetisi yang merupakan bagian dari rangkaian acara KOPMA FAIR tersebut bertema “Kewirausahaan Berbasis Koperasi”. Dalam kompetisi, dua anggota KOPMA UM ini menggagas sebuah usaha jasa berbasis aplikasi yang melayani reparasi maupun cuci tas dan sepatu kotor. Aplikasi tersebut bernama CoRep (Cooperative Reparation), yang dalam pelayanannya menggandeng mitra kerja dari beberapa orang yang ahli dalam bidang cuci maupun reparasi tas dan sepatu. Sekaligus, memberdayakan anggota Kopma sebagai pihak yang melayani antar jemput barang.

Idenya bermula dari belum adanya jasa reparasi tas dan sepatu yang menggunakan aplikasi online. Dalam bahasa Jawa, ‘corep’ biasa diartikan dengan baru bangun tidur dan belum mandi sehingga wajah masih kumal dan lesu.

“Dari situ kami berpikir kata ‘corep’ cocok untuk mengibaratan tas dan sepatu kotor yang perlu dicuci ataupun diperbaiki,” tutur Yuli. Selain itu, nama CoRep juga tepat menggambarkan koperasi, yakni Cooperative dan jasa yang ditawarkan, yakni reparationatau perbaikan.

Mengalahkan tim lain dari berbagai universitas di Regional Malang, aplikasi CoRep sejatinya diciptakan untuk mempermudah konsumen. Tak berhenti di sini, Yuli berharap ke depannya rencana usaha ini dapat mereka implementasikan.

Pewarta           : Umi Nahdhiah – Internship Humas UM