image_pdf

Sambutan Kepala Pusat Pengembangan Bimbingan Konseling, Karir,
dan Kompetensi Akademik

Malang. Pusat Pengembangan Bimbingan Konseling, Karir, dan Kompetensi Akademik (P2BK3A), Lembaga Pengembangan Pendidikan dan Pembelajaran (LP3), Universitas Negeri Malang (UM) menggelar Pelatihan Sukses Menulis Skripsi Tahun 2021 selama dua hari (25-26/02) secara daring. Kegiatan ini diikuti oleh beberapa mahasiswa yang berasal dari semua fakultas sejumlah 80 mahasiswa. Pada hari kedua ini, materi disampaikan oleh narasumber pertama, Dwi Nikmah Puspitasari, S.Psi, M.Psi adalah Membentuk Komunikasi yang efektif dengan dosen, dan narasumber kedua, Aji Bagus Priyambodo, S.Psi., M.Psi terkait self management.

Ella Faridati Zen selaku ketua PKPBA LP3 membuka kegiatan di hari kedua tersebut. Ia mengatakan bahwa kegiatan ini jika diikuti dengan serius pasti akan menambah keterampilan untuk mahasiswa dalam menempuh skripsi. “Kita manfaatkan dengan sebaik mungkin platform ini. Sehingga mahasiswa dapat memiliki bekal dan meningkatkan produktivitas dalam menyelesaikan skripsi nantinya. Kami doakan mudah mudahan para peserta disini dapat mengerjakan skripsi dengan lancar dan bisa menyelesaikan studi tepat waktu,” ujarnya.

Narasumber pertama menjelaskan materi terkait komunikasi efektif
dengan dosen pembimbing

Materi pertama tentang bagaimana membentuk komunikasi yang efektif dengan dosen dijelaskan oleh Dwi Nikmah Puspitasari. Dalam penyampainnya, narasumber sangat hangat dan komunikatif. Sehingga, peserta merasa diikut sertakan dalam diskusi pembahasan hal tersebut. Beberapa hal poin pentingnya adalah tetaplah sopan, membangun hubungan komunikasi yang baik, mempersiapkan diri sebaik mungkin ketika hendak menemui dosen, dan mempelajari media apa yang akan digunakan untuk berkomunikasi dengan dosen.

Materi selanjutnya adalah terkait self management. Bagaimana mengatur waktu agar penulisan skripsi bisa berjalan dengan lancar dan selesai tepat waktu. Materi di hari kedua ini merupakan materi tambahan dari hari sebelumnya, yakni terkait teknis pembuatan skripsi seperti bagaimana mencari referensi, menyusun ide yang efektif dan beberapa teknis lainnya.

Narasumber kedua menyampaikan materinya

Hal non teknis seperti ini memang sering dipandang sebelah mata oleh sebagian orang, tetapi padahal hal seperti ini juga memiliki dampak yang besar terhadap terselesaikannya tugas akhir skripsi ini. Oleh karenanya, panitia berharap peserta dapat memaksimalkan kegiatan ini. Panitia juga menyediakan ruang konsultasi setelah materi yang berupa breakout room pada zoom untuk masing masing falultas. Dengan adanya konsultasi intens tersebut, peserta diharapkan mendapatkan jawaban atas apa apa yang menjadi hambatannya dalam perjalanan menulis skripsinya.

Pewarta: Ulya Aziza Fitriya – Internship Humas UM