image_pdf
Kepala P2BK3A LP3 UM Ibu Ella Faeridati Zen memberikan sambutan

Malang. Sebagai bentuk komitmen dalam rangka memberikan layanan kepada mahasiswa Universitas Negeri Malang (UM), Pusat Pengembangan Bimbingan Konseling Karier dan Kompetensi Akademik (P2BK3A) Lembaga Pengembangan Pendidikan dan Pembelajaran (LP3) menyelenggarakan kegiatan Pelatihan Berpikir Kritis dan Kreatif. Kegiatan yang diikuti 150 orang peserta yang merupakan mahasiswa UM dari berbagai fakultas tersebut dilaksanakan pada hari Jumat 15 November 2019 bertempat di Aula LP3 UM Gedung H8 Lantai 2.

Selama sehari penuh seluruh peserta akan memperoleh beberapa materi menarik yang disampaikan oleh pemateri yang berkompeten dibidangnya. Beberapa diantaranya adalah materi tentang pentingnya berpikir kritis dan kreatif yang disampaikan oleh Dr. Diniy Hidayatur Rahman, M.Pd., materi tentang pengenalan diri: Faktor pendukung dan penghambat yang disampaikan langsung oleh Ibu Yuliati Hotifah, S.Psi., M.Pd., dan Gamma Rahmita Ureka Hakim, S.Psi., M. Si., Selain itu Ike Dwiastuti, S.Psi., M.Psi menyampaikan materi  tentang Role Play Berpikir Kritis, dan materi Role Play Berpikir Kreatif yang disampaikan oleh Nabhan Fuad Choiron, SS., MA. Tak hanya mendapat materi saja, seluruh peserta diwajibkan mengikuti Tes Kreatifitas yang berlangsung dua kali, di awal dan di akhir pelatihan.

Ketua LP3 UM Drs. I Wayan Dasna, M.Si., M.Ed., Ph.D. membuka pelatihan

Kepala P2BK3A LP3 UM Ibu Ella Faeridati Zen menyampaikan bahwa kegiatan Pelatihan Berpikir Kritis ini merupakan pelatihan terakhir yang diadakan pada tahun 2019 dari kegiatan-kegiatan lainnya. “Kegiatan pelatihan ini merupakan salah satu layanan bimbingan dan konseling di bidang akademik. Dalam pelatihan ini mahasiswa akan dibina bagaimana mengembangkan potensinya khususnya terkait dengan bagaimana cara berpikir kritis dalam menghadapi berbagai hal,”ujarnya.

“Seperti kita ketahui bersama di abad 21 ini perkembangan zaman telah berkembang begitu cepat dan saat ini telah memasuki era Desruptif, menuntut kita untuk memiliki kompetensi yang meningkat dan lebih baik. Salah satu yang dibutuhkan oleh mahasiswa saat ini adalah diharapkan kita memiliki ketrampilan untuk dapat bersaing di era globalisasi ini. Salah satu ketrampilan yang sangat dibutuhkan adalah kemampuan berpikir kritis dan kreatif,”jelasnya.

Peserta pelatihan

Ketua LP3 UM Drs. I Wayan Dasna, M.Si., M.Ed., Ph.D. menyampaikan bahwa Kegiatan pelatihan ini merupakan salah satu rangkain pelatihan yang diadakan oleh P2BK3A LP3 UM untuk membekali dan meningkatkan kompetensi mahasiswa, khususnya pada kemampuan berpikir kritis dan kreatif untuk bekal dimasa mendatang.

Pewarta: Kautsar S. Humas UM